Herworld (Indonesia)

Claudia Lengkey, Penyiar

-

Bisa ceritakan kesibukan saat ini?

“Masih sibuk siaran di Cosmopolit­an FM, jadi ibu rumah tangga, dan menulis naskah untuk pementasan Dongeng

Naura 3. Saya juga sedang gemar mengulik essential oil!”

Bagaimana cara Anda bertahan setelah berkiprah selama 20 tahun di dunia radio?

“Saya memang menyukai dunia media, khususnya radio, dan kesempatan yang diberikan oleh radio sangatlah luas. Jenjang karier dari program director dan music director juga pernah dilalui. Terutama dulu sebelum ada internet, saya termasuk salah satu yang sering liputan ke luar negeri, menghadiri penghargaa­n seperti Grammy dan Oscars. Banyak pengalaman seru dan pelajaran baru yang diterima sehingga saya bisa terus bertahan di sini.”

Apa saja ritual sebelum siaran?

“Biasanya menyiapkan materi dan olah vokal dengan humming.”

Pernah mengalami masa jenuh atau writer’s block saat siaran?

“Pasti ada, terutama saat terlalu lama memegang satu program dan rasanya tak ada tantangan baru. Tapi biasanya saya akan curhat ke Program Director dan tunjukkan bahwa kita butuh pembaruan. Namun biasanya saya menggunaka­n essential oil yang sesuai mood sehingga sesi siaran bisa jadi lebih fokus.”

Sepertinya essential oil sangat membantu Anda?

“Iya, karena saya sempat mengalami

panic attack saat siaran, mungkin karena depresi pasca melahirkan. Anak saya memiliki kondisi Microthia di mana telinganya tidak berkembang baik. Saya pun

denial. Berusaha memperliha­tkan bahwa saya baikbaik saja di depan umum, padahal di belakangny­a saya justru menyalahka­n diri sendiri. Akhirnya saya mengalami postpartum depression yang kini berujung ke

anxiety disorder. Jujur, sampai sekarang saya masih mengalamin­ya walaupun sudah tidak seberat dulu.”

Bagaimana cara mengatasi tekanan itu kala harus siaran?

“Kini, saya sudah tahu cara mengatasin­ya dan siaran pun menjadi salah satu media penyalur emosi itu. Selain berolahrag­a dan bercerita dengan orang lain, menggunaka­n essential oil sebelum siaran jadi kiat ampuh saya.”

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia