Herworld (Indonesia)

BUKA MATA KEKERASAN DALAM HUBUNGAN

-

Waktunya bersama kenali kekerasan dalam hubungan, apa pun bentuknya.

Kekerasan tak hanya berbentuk fisik, tapi juga bisa menyerang psikologis. Kini waktunya bersama kenali kekerasan dalam hubungan, apapun bentuknya. OLEH KIKI RIAMA PRISKILA

Mengenal abusive relationsh­ip Setiap hubungan bisa dikategori­kan sebagai healthy, unhealthy, atau abusive dilihat dari spektrumny­a. Hubungan yang sehat didasari dengan kesetaraan, komunikasi yang baik, dan rasa saling menghargai. Jika hubungan ini kemudian diwarnai dengan usaha untuk mengontrol pasangan, ada rasa tidak percaya, maka spektrum tersebut mulai bergeser ke tengah dan masuk dalam kategori tidak sehat. Jika pola ini dibiarkan terusmener­us tanpa intervensi, bukan tak mungkin jika hubungan itu akan bergeser ke arah abusive.

Lalu, apa yang dimaksud dengan abusive relationsh­ip? Menurut Inez Kristanti, M.psi., Psikolog Klinis Dewasa di Angsamerah Clinic sekaligus Dosen Paruh Waktu di UNIKA Atma Jaya, hubungan tipe ini didasari oleh adanya kesenjanga­n power dan control. “Jika ada salah satu pihak yang lebih mengontrol atau kerap memanipula­si pasanganny­a, bisa jadi tanda bahwa ia berada dalam abusive relationsh­ip,” ujarnya.

 ??  ?? YOUR LIFE GUIDE
YOUR LIFE GUIDE

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia