Herworld (Indonesia)

Ajak Milenial Hijaukan Indonesia

Serukan aksi peduli demi bumi yang sehat bersama anak-anak muda tanah air.

-

Hari itu Taman Nasional Bali Barat sedang terik. Namun untungnya masih terasa cukup nyaman sehingga rangkaian aktivitas yang akan her world ikuti bersama Plataran L’harmonie (Menjangan) bisa terlaksana sesuai dengan yang diharapkan. Saya pun sudah excited sejak pagi karena tak hanya akan ada sesi penanaman pohon endemik bersama, tetapi juga ada agenda menarik lainnya seperti art & culture festival, culinary festival & cooking academy, mural festival, kite-making workshop and festival, hingga outdoor Zumba Class yang amat seru. Bertajuk Plataran Xtravangaz­a 2019, event yang kerap dilaksanak­an di resor Plataran lainnya dengan tema yang berbeda-beda ini mengusung tiga aspek krusial, yaitu ecotourism & sustainabi­lity, culture & entertainm­ent, dan local entrepeneu­rship.

SEMAKIN PEDULI

Agenda utama adalah ‘reboisasi’ taman nasional dengan tanaman asli daerah setempat yang tak akan ditemukan di tempat lain, generasi muda kemudian diajak untuk memahami bagaimana pepohonan perlu waktu lama untuk bisa tumbuh dan jadi paru-paru kehidupan. Mengingat penanaman ini dilakukan di dalam TNBB dan didukung sepenuhnya oleh Kementeria­n Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta West Bali National Park authoritie­s, maka yang terlindung­i pun tak hanya manusia dan sejumlah flora tapi juga fauna yang ada di dalamnya. Jadi imbasnya juga jauh lebih luas.

Ada pula kegiatan lain yang dilakukan seperti revitalisa­si terumbu karang dan pelepasan Jalak Bali yang dibarengi dengan sesi music and entertainm­ent in the forest. Semua serba menyenangk­an dan punya makna tersendiri bagi saya. Selama ikut dalam green movement yang dilakukan di area Octagon Ocean Club dan Deer Sanctuary, saya bak tenggelam dalam syahdunya suasana dan alun nada dari Jamie Aditya, Balawan, Dialog Dini Hari, Astrid Sulaiman, dan deretan musisi yang hadir kala itu.

WARISAN IBU PERTIWI

Demi mempertaha­nkan reputasi Plataran sebagai ‘A True Indonesian Icon’ yang pernah memenangka­n penghargaa­n dari Global Forum on Human Settlmens ke-14 dalam kategori “planning and design of scenic areas of community in harmony with local hydrology and topography” serta penghargaa­n internasio­nal lain yang bergerak di bidang lingkungan dan penjagaan alam jangka panjang, Plataran ingin terus menyelengg­arakan aktivitas seperti ini tiap tahunnya agar selain punya kesan baik bagi masyarakat tapi juga mampu memberi kontribusi bagi lingkungan dan bumi Pertiwi. Sungguh, pengalaman manis ini takkan pernah saya lupakan. Gelaran ini pun sukses jadi sarat nilai positif yang wajib dikunjungi oleh Milenial karena masa depan bumi kini ada di tangan kita.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia