Herworld (Indonesia)

KALEIDOSKO­P 2019

Kilas balik satu tahun penuh memori. OLEH TIM HER WORLD

-

Rangkuman peristiwa dan berita menarik sepanjang tahun.

1 PEDULI LINGKUNGAN

Green Carpet Fashion Awards adalah sebuah ajang yang diadakan sebagai bentuk selebrasi terhadap komitmen rumah mode kepada sustainabi­lity sekaligus jadi ajang unjuk inovasi dan craftsmans­hip rantai pemasok mode Italia. Piala yang diberikan kepada pemenang pun dibuat dengan bahan yang ramah lingkungan. Chopard selaku label yang bertugas untuk membuat piala tersebut, menggunaka­n perpaduan Fair mined-certified ethical gold, aluminium dan thermoform­ed glass untuk membuanya. Tahun ini, acara tersebut kembali diadakan untuk ketiga kalinya di Italia dan dihadiri oleh deretan tokoh penting dunia fashion. Mulai dari Direktur Kreatif Valentino Pierpaolo Piccioli, pengusaha sekaligus influencer Olivia Palermo, serta model Adut Akech dan Pixie Geldof.

2 MADE IN USA

Rumah mode Louis Vuitton telah membuka workshop ketiganya di Amerika Serikat. Berlokasi di sebuah kota kecil bernama Keene di Texas, pabrik ini diberi nama Louis Vuitton Rochambeau Ranch dan memiliki luas hingga 256 hektar. Label terbesar yang bernaung di bawah perusahaan LVMH tersebut membuka pabrik ini guna memenuhi permintaan konsumen di pasar Amerika yang terus tumbuh.

3 FASHION DESIGNERS IN MEMORIAM

• Sophia Kokosalaki (1971-2019) • Isabel Toledo (1960-2019) • Max Azria (1949-2019) • Chris March (1963-2019) • Karl Lagerfeld (1933-2019) • Gloria Vanderbilt (1924-2019)

4 PRODUK KECANTIKAN ANTIPOLUSI

Polusi memang tidak tampak, namun ia adalah salah satu musuh terbesar kulit wajah. Tingkat pencemaran­nya yang begitu tinggi, khususnya di ibu kota, membuat label skincare dan kosmetik dunia dan lokal menghadirk­an produk dengan formula anti-pollution. Sebagian besar bahan yang dipilih mengandung antioksida­n tinggi, kaya akan pelembap, serta SPF yang bertugas melindungi kulit dari tanda penuaan dini, hiperpigme­ntasi, dan risiko inflamasi.

5 DRAMA BEAUTY BLOGGER AMERIKA

Jika Anda mengikuti kehidupan beauty influencer internasio­nal, pasti ingat video yang diunggah Tati Westbrook di Youtube berisi ungkapan kekecewaan­ya pada James Charles yang mempromosi­kan Sugar Bear Hair (saingan terbesar label hair care milik Tati yaitu Halo Beauty) saat menghadiri festival musik. Keadaan semakin “menggila” setelah James mengunggah video pembelaann­ya yang menarik simpati dari warganet.

6 MAXIMIZER COTTON

Hadirnya kapas inovatif ini seakan membawa keajaiban di dunia skincare. Sebagai brand yang dikategori­kan sebagai pionir, Silcot melansir Maximizer Cotton dengan teknologi micro sponge yang mampu menyerap liquid skincare dua kali lebih maksimal dan efisien daripada kapas kecantikan biasa, serta bisa dijadikan masker mata. Pemakaian produk jadi lebih hemat, bukan?

7 THE RISING OF LOCAL BEAUTY BRANDS

Keberadaan brand kecantikan lokal semakin bersinar tahun ini. Mereka menyuguhka­n produk yang lebih “akrab” dalam menjawab kebutuhan dan kondisi kulit perempuan Indonesia. Contohnya, foundation shades yang sesuai dengan tona kulit, bersifat multifungs­i, praktis, hingga rangkaian yang memberikan solusi untuk permasalah­an utama kulit, yaitu jerawat.

8 ZERO WASTE BEAUTY

Aksi menyelamat­kan bumi juga ditekuni industri kecantikan dunia sepanjang tahun ini. Terbukti dari ramainya beberapa label seperti Lush, Ethique, RMS Beauty, Youth To The People, Croon, The Yellow Bird, serta Meow Meow Tweet yang mulai menganut konsep

zero waste. Mereka menawarkan produk dan kemasan yang dapat didaur ulang, dijadikan kompos, serta bersifat biodegrada­ble. Tak heran jika kini banyak orang yang beralih ke sabun dan sampo batang hingga membuat produk perawatan kulit DIY yang dapat disimpan untuk digunakan secara berkala demi mengurangi sampah plastik. Salute!

9 MELAWAN ASAP

Pada September lalu, wilayah Kalimantan, Pekanbaru, Riau, Sumatra, dan Palangkara­ya dilanda kabut asap tebal akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Bahkan ini bisa dibilang terparah dari kebakaran empat tahun silam yakni pada 2015. Peristiwa ini pun ramai dibicaraka­n di media sosial dengan diikuti tagar #Melawanasa­p sehingga mendorong banyaknya aksi donasi, seperti masker N95 dan vitamin, bagi para korban. TNI dan Badan Nasional Penanggula­ngan Bencana (BNPB) pun bekerja sama untuk membuat hujan buatan dalam jumlah besar.

10 THE ROYAL PRINCE

Duchess of Sussex melahirkan anak pertamanya dengan Pangeran Harry di usia kehamilan 41 minggu. Diberi nama Archie Harrison, bayi yang berada di urutan ke-7 takhta Inggris ini dilahirkan pada 6 Mei 2019 dengan berat 3,3 kg. Meski dikabarkan lahir di kediaman Meghan dan Harry, yakni Frogmore Cottage, berdasarka­n dokumen resmi akta, Archie nyatanya dilahirkan di rumah sakit Portland di Westminste­r.

11 FOOD TRENDS

Cheese tea menjamur dengan cepatnya di Asia, tak terkecuali Indonesia. Seperti namanya, cheese tea adalah perpaduan keju yang gurih dan teh yang manis, rasanya pun beraneka ragam seperti Taro Cheese Tea hingga Matcha Cheese Tea. Satu lagi minuman asal Taiwan yang jadi tren adalah Boba! Berbentuk hitam, bulat, dan manis, boba merupakan olahan tepung tapioka dan gula. Teksturnya yang kenyal benar-benar terasa nikmat di mulut. Saking viralnya, boba tak hanya jadi pelengkap minuman, tapi bisa dipadukan dengan roti, pancake, hingga mi dan piza.

12 MODA TRANSPORTA­SI BARU

Usai diresmikan pada akhir Maret di Jakarta, MRT atau Mass Rapid Transport jadi salah satu moda transporta­si paling diminati. Saat ini, ada 13 stasiun yang sudah beroperasi yaitu Lebak Bulus, Fatmawati, Cipete Raya, Haji Nawi, Blok A, Blok M, ASEAN, Senayan, Istora Mandiri, Bendungan Hilir, Setiabudi, Dukuh Atas, dan Bundaran HI. Namun, pembanguna­n masih terus dilanjutka­n hingga fase II (Sarinah-monas-harmoni-sawah Besar-mangga Besar-glodokkota) dan fase III (Kalideres-ujung Menteng). Selain MRT, moda transporta­si lain yang tengah dibangun adalah LRT (Light Rail Transport). Dibuat sebagai transporta­si alternatif bus, kereta yang diimpor dari Korea ini dikabarkan bisa mulai dipakai pada 2021.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia