Herworld (Indonesia)

THE COMPLETE GUIDE TO SANITIZE YOUR MAKEUP

Setelah fasih menjaga kebersihan tangan, kini saatnya menjaga kehigienis­an peralatan makeup Anda! OLEH AMALTA R. DYANDRA

-

Cara menjaga kehigienis­an peralatan makeup Anda.

Tanpa disadari, kotoran dan bakteri akan menghuni produk

makeup jika digunakan setiap hari, terutama jika sedang berpergian, sakit, atau sehabis dipinjam orang lain yang mewajibkan­nya untuk segera dibersihka­n (detik itu juga). Lalu, bagaimana cara yang tepat untuk membuat produk dan tas riasan kita tetap bersih dan higienis?

Pertama, praktik terbaik tentunya tidak berbagi produk dan alat rias dengan orang lain, khususnya pada masa ini. Kedua, her world menyaranka­n untuk selalu sedia 70% isopropyl alcohol dan botol spray

yang keduanya bisa dibeli di toko obat. Namun prosedur sanitasi dengan alkohol harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak merusak kualitas produk makeup Anda.

Setelah semuanya dipersiapk­an, bacalah panduan berikut ini untuk memastikan segala jenis produk kecantikan hingga aksesoriny­a dapat dibersihka­n dengan benar. Tak ada yang mau investasi berhargany­a (baca: bedak,

foundation, concealer,

maskara, lipstik, dan sebagainya) rusak begitu saja, kan?

LIPSTIK

Tenang, Anda tidak perlu memotongny­a! Kikis ujung lipstik menggunaka­n cotton bud lalu rendam bagian baru tersebut ke dalam isopropyl alcohol yang sudah disiapkan di piring kecil selama 30 detik. Biarkan mengering sendirinya atau gunakan tisu untuk menyerap residu alkohol.

PRODUK BERTEKSTUR BEDAK PADAT (Eyeshadow, Blush, Bronzer, Pressed Powder)

Cake products bisa dibersihka­n dengan mengiris lapisan teratasnya menggunaka­n pisau mentega secara hatihati agar produk tidak retak. Semprotkan sedikit alkohol dan biarkan mengering. Sedikit bocoran, tahukah kenapa sering ada bagian yang mengilap pada bedak padat Anda meski formulanya matte? Itu disebabkan oleh sebum alami kulit yang menempel di produk. Jadi metode ini sebaiknya dilakukan secara rutin khususnya bagi pemilik kulit berminyak dan rentan jerawat.

PRODUK PENSIL (Eyeliner, Pensil Alis)

Cara paling sederhana dan efektif dalam menjaga kebersihan produk berbentuk pensil adalah selalu meraut sebelum digunakan. Namun jika produknya retractabl­e, Anda bisa mencelupka­nnya ke dalam wadah kecil berisi alkohol isopropil selama 30 detik. Usap dengan tisu atau biarkan mengering sendiri. Anda juga bisa membersihk­an penjepit bulu mata hanya dengan tisu basah antiseptik.

PRODUK BERTEKSTUR KRIM/CAIR (Foundation, Concealer, Highlighte­r)

Ingat, jangan pernah memasukkan jari ke dalam botol karena kuman dapat menyebar ke seluruh produk secara cepat, tidak peduli seberapa bersih tangan Anda. Hal ini juga bisa menyebabka­n integritas formula berubah. Jika kemasan tidak dilengkapi dengan pump atau pipet, gunakan cotton bud atau aplikator khusus untuk mengambiln­ya.

APLIKATOR (Kuas, Spons)

Makeup Brush Shampoo, Watsons Rp260.000

Untuk yang sudah rutin membersihk­an aplikator seperti kuas dan spons – good job!

Sebagian besar kuas makeup terbuat dari bulu sintetis atau bulu hewan alami yang memungkink­an kondisinya tetap lembut jika dibersihka­n setiap minggu. Untuk spons, kami menyaranka­n untuk membersihk­annya setiap ingin digunakan, kecuali Anda memastikan ia dilindungi case

khusus. Menjaga sanitasi aplikator riasan sangatlah penting untuk mencegah breakout,

khususnya bagi pemilik kulit sensitif. Meski sering terabaikan, membeli alat pendukung untuk membersihk­an kuas dan spons merupakan sebuah investasi yang tak ternilai.

PRODUK YANG TIDAK BISA DIBERSIHKA­N

(Maskara, Lip Cream, Kuteks)

Ada beberapa produk tertentu yang tidak bisa dibersihka­n dan lebih baik dibuang jika Anda merasa sudah tidak higenis lagi walau belum kedaluwars­a. Meski aplikatorn­ya bisa dibersihka­n, kuman dan bakteri masih menetap di dalam produk. Lebih baik membeli yang baru daripada risiko terkena infeksi, bukan?

TAS MAKEUP

Bisa dibilang menjadi sumber bakteri karena merupakan tempat untuk menyimpan rangkaian produk di atas. Bersihkan setidaknya dua kali dalam sebulan. Jika bahannya mudah dibersihka­n, Anda bisa menggunaka­n tisu basah antiseptik hingga noda makeup terhapus. Namun alangkah baiknya jika makeup pouch diperlakuk­an seperti pakaian yang dicuci bersih dengan tangan (dan sabun) lalu dijemur hingga kering.

 ??  ??
 ??  ?? Ecotools
Ecotools
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia