Herworld (Indonesia)

9 TIP MUDAH BUKA USAHA DARI RUMAH

Tak perlu takut lakukan bisnis rumahan karena Anda dan siapa pun pasti bisa!

-

Tak perlu takut lakukan bisnis rumahan karena Anda dan siapa pun pasti bisa melakukann­ya.

Banyak dari kita yang beberapa bulan belakangan merasa ingin berbisnis dari rumah. Apa pun bentuknya, mulai dari berjualan makanan, menjual hasil karya, hingga lain sebagainya, membuka usaha kecil rumahan nampaknya jadi salah satu jalan keluar yang bisa dipilih untuk bisa bertahan di tengah krisis global yang melanda akibat pandemi Covid-19. Berikut sembilan tip yang bisa dilakukan agar dapat sukses menjadi home-preneur.

Awali dari teman Tanpa perlu meraih pelanggan asing, jajakanlah dulu apa yang ingin Anda jual pada orang-orang terdekat. Nanti, mereka bisa turut mempromosi­kannya lewat media sosial atau dari mulut ke mulut. Bersabarla­h karena pembeli tak kemudian langsung banyak. Biarkan bisnis Anda tumbuh secara organik karena itulah nanti yang akan mempertaha­nkan eksistensi Anda.

Tetapkan target pasar

Jika sudah bisa konsisten dan produk Anda sudah dirasa baik untuk dijual ke konsumen yang lebih luas, pastikan target pasar yang akan dituju. Seperti apa promosi yang harus diterapkan, bagaimana bentuk kemasan yang menarik perhatian, hingga berapa harga yang pantas untuk disematkan, semua tergantung dari target pasar yang ingin Anda raih. Jangan sampai berbanding terbalik, ya.

Inovatif dan kreatif

Jangan lupa untuk tetap kreatif dalam mengembang­kan produk karena siapa pun tentu selalu butuh hal baru. Semakin inovatif, akan semakin diperhitun­gkan brand Anda. Ada karakter yang mungkin hanya muncul dari produk yang Anda bawa.

Siap menerima kritik dan saran

Ini merupakan bagian terpenting dalam sebuah bisnis. Terimalah segala kritik dan saran yang diberikan pelanggan pada produk atau pelayanan Anda karena inilah yang akan membuat sebuah usaha jadi besar satu saat nanti. Suara pelanggan adalah bahan utama untuk membuat produk Anda bisa diterima di masyarakat. Sebaliknya, jika kritik malah dianggap sebagai serangan atau hinaan yang menjatuhka­n, maka artinya Anda belum betul-betul siap dalam menjalani usaha. Jadilah pebisnis tahan banting maka kesuksesan akan menunggu Anda di satu waktu.

Berani

Dalam hal apa pun, sekecil apa pun bisnis Anda, keberanian adalah yang harus Anda miliki saat ingin memulai usaha. Berani untuk menjajakan dagangan ke calon pembeli, berani untuk promosi, berani untuk yakin bahwa produk Anda bagus, berani make a deal, berani gagal, berani rugi, berani sepi pembeli, hingga berani bersaing, adalah keberanian­keberanian yang harus dimiliki sebelum memutuskan untuk jadi home-preneur.

Karena meski skalanya terbilang kecil yaitu dari rumah, namun jika usaha Anda ternyata berhasil melebihi ekspektasi, bisa jadi Anda berpikir untuk membesarka­nnya, kan? Nah, tetapkan diri untuk punya rentet keberanian ini.

Jaga kepercayaa­n pelanggan

Setelah bisnis berjalan lancar, PR selanjutny­a adalah menjaga kepercayaa­n pelanggan dengan tetap mempertaha­nkan kualitas produk. Ini yang lebih challengin­g. Jangan sampai Anda lengah karena kepuasan pelanggan bisa menurun jika Anda tak hati-hati dalam mengelolan­ya. Jangan sampai mereka pergi, ya.

Pandai mengelola keuangan

Lalu, salah satu yang terpenting dari semuanya juga adalah pandai mengelola keuangan dan membuat pembukuan. Karena, keuangan ini harus dibagi menjadi dua, yaitu modal dan keuntungan. Sisanya, jika Anda sudah mulai punya orang yang membantu, maka harus kamu bagi lagi menjadi tiga yaitu modal, keuntungan, dan gaji karyawan. Nanti, keuntungan juga harus kamu bagi lagi menjadi keuntungan untuk dinikmati dan keuntungan untuk ditabung. Semua harus diperlakuk­an sesuai perencanaa­n karena kalau tidak, pemasukan Anda akan lekas habis.

Jika butuh modal awal, pilih bank yang bisa memberi kredit ringan nan menguntung­kan Terakhir, jika sudah punya semua strategi dan kesiapan untuk berdagang tapi terbentur urusan modal, maka Anda bisa coba lakukan pinjaman pada bank yang memberi banyak kemudahan terutama dalam mendukung bisnis rumahan. Selamat mencoba!

 ??  ??
 ??  ?? Konsisten
Tak ada usaha yang bisa berjalan mulus tanpa konsistens­i. Tak boleh berhenti hanya karena melihat penjualan kurang baik atau pemasukan yang tak sebanding dengan pengeluara­n. Teruslah jalan apa pun halang rintangnya karena dari situlah nanti Anda akan belajar tentang kekurangan dan kelebihan usaha Anda. Keep going and don’t let anything stop you!
Konsisten Tak ada usaha yang bisa berjalan mulus tanpa konsistens­i. Tak boleh berhenti hanya karena melihat penjualan kurang baik atau pemasukan yang tak sebanding dengan pengeluara­n. Teruslah jalan apa pun halang rintangnya karena dari situlah nanti Anda akan belajar tentang kekurangan dan kelebihan usaha Anda. Keep going and don’t let anything stop you!
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia