Herworld (Indonesia)

Manajemen Gedung

-

1. Protokol Cek Suhu. Sebagai screening pertama, pengecekan suhu tubuh perlu dilakukan baik di pintu masuk parkir maupun lobi kantor. Suhu di atas 37 derajat Celcius tidak diperboleh­kan masuk.

2. Sediakan Hand Sanitizer. Hand sanitizer harus ada di setiap ruang dan di tempat yang mudah terjangkau. Seperti di resepsioni­s, pintu masuk ruang, tempat ibadah dan ruang meeting.

3. Tempat Cuci Tangan Portable. Tempat cuci tangan portable penting diadakan, terutama di pintupintu yang berbatasan dengan area outdoor. Seperti di gerbang dan tempat parkir.

4. Kurangi kapasitas. Kapasitas ruang maksimal diisi oleh separuh dari jumlah normal. Untuk itu, karyawan harus dibagi menjadi dua kelompok yang masuk secara bergantian.

5. Buka Pintu/ Jendela. Usahakan ventilasi udara dalam keadaan baik, yang memungkink­an udara berputar dengan udara luar. Buka pintu dan jendela. Untuk gedung tinggi di mana tidak mungkin membuka jendela, setidaknya bukalah pintu ruangan sehingga tekanan udara menjadi lebih rendah. 6. Filter HEPA. Lengkapi ruangan dengan alat penyaring udara dengan teknologi HEPA (High-efficiency Particular Air) yang dapat menyaring polutan, termasuk debu dan asap rokok. Kemampuan HEPA filter dalam mematikan virus dan bakteri belum terbukti. Tapi setidaknya, alat ini dapat diandalkan untuk menyuplai udara yang lebih bersih di dalam ruang tertutup.

7. Info Tertulis. Poster yang memuat protokol kesehatan di area kantor dan sekitarnya harus ada di area yang mudah terlihat sebagai pengingat.

8. Reward & Punishment.

Akan lebih baik jika Bagian Personalia memberlaku­kan sistem ini. Bagi yang patuh akan mendapat penghargaa­n, dan yang melanggar mendapatka­n sanksi.

9. Disinfekta­n ruang. Proses ini penting dilakukan secara rutin untuk membunuh virus & bakteri yang berkeliara­n. Terlebih jika ada karyawan yang terinfeksi, maka kantor perlu dikosongka­n dan disemprot disinfekta­n.

10. Tim Mitigasi Bencana. Pentingnya dibentuk tim mitigasi bencana. Jika ada salah satu karyawan yang terinfeksi, maka protokol penanganan dan penelusura­n orangorang yang berkontak erat dapat langsung dilaksanak­an dengan baik.

Semua poin di atas hanyalah sebuah peraturan yang dapat meminimali­sir terjadinya penularan virus Covid-19. Sepenuhnya risiko ada di tangan kita sendiri. Oleh karenanya, jagalah sikap dan prilaku yang tidak membahayak­an diri sendiri dan orang lain. Jangan segan menegur teman atau pun orang sekitar yang tampak lalai mematuhi protokol kesehatan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia