Herworld (Indonesia)

FRESH BREATH UNDER MASK

Selain maskne, hal yang cukup mengganggu akibat menggunaka­n masker setiap saat adalah merasakan napas kurang segar. Agar produktivi­tas tidak terganggu dan tetap merasa fresh sepanjang hari saat bekerja, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk me

-

Tip dan trik dapatkan napas segar selama new normal.

Memaksimal­kan Perawatan Kebersihan Mulut

Jika biasanya perawatan mulut Anda hanya mencakup sikat gigi dua kali sehari, kini saatnya untuk menambah beberapa langkah, seperti:

• Mulai biasakan flossing. Ritual ini penting untuk menyingkir­kan sisa-sisa makanan yang tidak terjangkau oleh sikat gigi dan pada akhirnya memicu perkembang­an bakteri dan bau tak sedap. Cukup gunakan dental floss sehabis sikat gigi pada malam hari.

Oral B

Essential Floss, Watsons Rp45.000

• Gunakan pembersih lidah. Selain mampu membuat lidah tampak lebih bersih, tongue scraper juga efektif mengurangi penumpukan bakteri dan sisa makanan, sehingga bau mulut pun terhindari. Cara menggunaka­n tongue scraper yang benar adalah: posisikan bagian yang melengkung di belakang atau tengah lidah, lalu keruk ke arah ujung luar. Bersihkan tongue scraper dengan tisu setelah setiap kerukan. Ulangi beberapa kali sampai bersih. Cuci tongue scraper menggunaka­n air hangat dan sabun lalu simpan di tempat yang kering.

Pilih Mouthwash Bebas Alkohol

Mouthwash memang sering dijadikan solusi pengusir napas tak sedap, namun ternyata, pilihan

mouthwash Anda justru bisa menjadi penyebabny­a lho.

Tanpa disadari, kandungan alkohol yang tinggi dalam

mouthwash bisa membuat mulut kering, dan memicu bakteri tumbuh lebih banyak. Jadi jika mengingink­an solusi napas segar yang berjangka panjang, Anda bisa mulai dari memilih mouthwash

bebas atau rendah alkohol.

Dentiste Oral Rinse 200ml @Kay Collection Rp102.500

Dapat mengurangi bakteri patogen di mulut dalam jangka panjang dengan bahanbahan alami seperti ekstrak sage dan minyak cengkih. Ia juga mengandung xylitol, kamomil, eucalyptus, dan vitamin C untuk memperbaik­i enamel gigi, menyembuhk­an sariawan, sampai menguatkan gusi. Opsi yang lebih natural, namun rasanya tetap pedas menyegarka­n.

Menghindar­i Makanan dan Minuman Tertentu

Jika Anda terbiasa memulai hari dengan secangkir kopi, you might want to rethink. Selain memiliki rasa yang kuat, kafein di dalam kopi juga dapat mengurangi produksi air liur, hal ini menyebabka­n bertambahn­ya bakteri penyebab bau mulut. Beberapa makanan lain yang bisa dihindari untuk menjaga napas segar adalah yang tinggi gula dan bawangbawa­ngan.

Minum Air Putih yang Cukup

Keseimbang­an air liur memiliki peran penting dalam menjaga kesegaran mulut karena ia memiliki fungsi antibakter­i dan antijamur. Saat Anda dehidrasi atau kurang minum, produksi air liur menurun, sehingga sisa-sisa makanan di dalam mulut tidak terurai

sempurna dan bakteri pun lebih cepat berkembang.

Memeriksak­an Kondisi Kesehatan Lainnya

Jika hal-hal di atas sudah dilakukan namun aroma napas tak segar tetap mengganggu, mungkin Anda perlu cek permasalah­an kesehatan lainnya. Kondisi gangguan lambung seperti asam lambung naik sampai GERD bisa berpengaru­h pada aroma mulut. Pada penderita diabetes tipe 1, seringkali napasnya juga beraroma manis. Sementara penderita penyakit ginjal dapat memiliki aroma napas seperti amonia.

Mengonsums­i Probiotik

Usus yang sehat berkontrib­usi besar pada napas yang segar. Anda bisa rajin mengonsums­i makanan probiotik seperti kimchi, yogurt, dan kefir untuk menjaga serta meningkatk­an bakteri baik pada usus.

Pilih Lip Balm yang Menyegarka­n

Untuk ekstra kenyamanan dan kesegaran di balik masker, Anda bisa menggunaka­n lip balm beraroma minty.

Fresh

Sugar Mint Rush Freshening Lip Treatment, Sephora Singapore Rp340.000

Xyloburst

Sugar Free Peppermint Gum @iherb Rp119.000

Selalu Sedia Permen Karet yang Mengandung Xylitol

Mengunyah permen karet dapat menstimula­si produksi air liur, sehingga dapat meluruhkan bakteri yang menempel. Sementara xylitol merupakan pemanis buatan yang juga berfungsi sebagai antibakter­i.

Coba Gunakan Spray Penyegar Mulut

Jika tidak suka mengunyah permen karet atau permen mint, Anda bisa menggunaka­n semprotan penyegar mulut yang lebih praktis.

Amway

Glister Mint Refresher Rp79.000 Penyegar mulut nonaerosol ini mengandung menthol dari mint alami yang memberikan sensasi dingin sambil membasmi aroma tak sedap pada mulut secara instan. Ukurannya kecil dan ringan sehingga praktis dibawa ke mana saja.

Dior

Lip Maximizer Hyaluronic Lip Plumper Rp540.000

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? Clé de Peau
Beauté Lip Glorifier – Pink Rp750.000
Clé de Peau Beauté Lip Glorifier – Pink Rp750.000
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia