Herworld (Indonesia)

5. Rencana pensiun dini

-

Karena krisis ini berurusan dengan virus, maka yang butuh perhatian ekstra adalah kebugaran tubuh. Jika memungkink­an, ada baiknya ikut asuransi kesehatan terpercaya yang bisa menjamin perawatan Anda baik dalam bentuk rawat jalan atau rawat inap. Sama sekali tak rugi bahkan akan sangat menolong Anda saat situasi darurat terjadi. Ingat bahwa tak ada investasi lebih berharga saat ini dibandingk­an kesehatan Anda sendiri. Menabungla­h untuk itu. investasi Anda dalam bentuk properti, reksa dana, emas, dan lain sebagainya yang kiranya terjangkau.

“If you can afford to, however, consider contributi­ng more to your retirement savings and other investment accounts. Historical­ly, we have seen the stock market always rebounds eventually,” jelas situs Let’s Make Plan.

Jika situasi pandemi tak kunjung membaik dan kondisi perusahaan semakin terpuruk, biasanya hal pertama yang akan dilakukan sebagai jalan keluar adalah pemutusan hubungan kerja antara korporat dan karyawan mereka. Oleh sebab itu, jika Anda adalah salah satunya, maka Anda harus siap karena hal ini bisa terjadi kapan saja dan pada siapa saja tanpa bisa diterka.

That’s why, mulai sekarang, ada dua hal yang harus disiapkan. Pertama yaitu pengadaan dana darurat yang tak boleh digunakan dalam jangka waktu lama jika tak benar-benar dibutuhkan, dan kedua adalah mulai membuat tabungan pensiun yang kiranya bisa menyelamat­kan dari unexpected situation di lain waktu. Bahkan, banyak yang telah membuka tabungan pensiun dari sejak usia 20-an, lho. Sekarang adalah momen tepat untuk melakukann­ya!

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia