Herworld (Indonesia)

Musikal Kaya Budaya

-

Novel berjudul Siti Nurbaya – Kasih Tak Sampai karya Marah Rusli sudah menjadi bacaan legendaris yang ceritanya diingat oleh seluruh masyarakat Indonesia. Sebuah kabar menggembir­akan saat mendengar hikayat ini telah dituangkan dalam karya panggung musikal berseri yang sangat memanjakan mata, telinga dan hati, dengan dialog, lagu, gerak tari dan penataan kostum yang kaya warna.

Galeri Indonesia Kaya, dengan

program director-nya, Renitasari Adrian yang bertindak sebagai produser, bekerjasam­a dengan Garin Nugroho, kelompok Teater Musikal Nusantara (TEMAN), dan BOOW Live mempersemb­ahkan serial musikal

NURBAYA yang episode pertamanya telah luncur pada

1 Juli lalu di kanal Youtube Indonesia Kaya. Episode pertama ini telah berhasil menarik lebih dari empat juta penonton dalam tiga minggu pertama.

Pandemi sama sekali tidak menghentik­an proses kreatif dimulainya pembuatan Nurbaya, yang ditandai dengan rangkaian program online yang bertujuan menyaring para seniman muda berbakat Indonesia, yaitu “Mencari Siti”. Lewat program ini terjaring sebanyak 28 seniman dari Jakarta, Padang, Bandung, Malang, hingga Mataram. Mereka telah mengikuti workshop vokal, tari dan akting di Galeri Indonesia Kaya sepanjang bulan Maret hingga April 2021.

Satu lagi karya seni yang lahir saat pandemi: serial musikal adaptasi Siti Nurbaya.

Dari program ini, terpilihla­h tiga pemeran utama. Siti Nurbaya yang merupakan tokoh utama perempuan dalam serial musikal ini diperankan oleh Arawinda Kirana. Samsul Bahri kekasih Nurbaya yang terpisah karena takdir, diperankan Bukie Mansyur. Sedangkan tokoh antagonis Tuan Meringgih diperankan dengan apik oleh Bima Zeno Pooroe. Terlihat pula Nola B3 dengan peran Tante dari Nurbaya yang tampil kental berdialek Sumatera Barat. Naskah cerita ini ditulis Chriskevin Adefrid (TEMAN) bekerja sama dengan Latifah Maurinta, Veronica Gabriella, Ilya Aktob A M yang terpilih melalui workshop “Mencari Penulis” dan mengikuti masterclas­s online bersama Garin Nugroho dan Nia Dinata pada akhir tahun yang lalu.

Enam episode yang tayang sejak

1 Juli lalu, hadir setiap hari Kamis di kanal Youtube Indonesia Kaya. Yang belum nonton, segera saksikan, ya. Dijamin menghibur dan membuat kita semakin bangga budaya Indonesia!

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia