Lindungi Rumah dari Bahaya Listrik

Selain bahaya sengatan listrik, banyak kasus kebakaran pada rumah terjadi karena hubungan arus pendek listrik.

IDEA - - Ide Desain - TEKS MAULINA KADIRANTI INFOGRAFIS SUNARTO

SAAT INI, manusia sangat bergantung pada energi listrik. Mulai dari penerangan, alat rumah tangga, sampai perangkat bekerja, semua menggunakan listrik. Namun kemudahan berkat energi ini bukannya tanpa risiko bahaya. Energi yang bergerak dalam kecepatan cahaya, yakni 186.000 mil per detik, jika tidak dipasang dengan benar dapat menyebabkan hubungan arus pendek.

Frankco Nasarino, Product Marketing Partner Retail Business Schneider Electric Indonesia, menjelaskan bahwa saat tersengat listrik, arus listrik akan mengalir melalui tubuh kita menuju ke tanah. Tahanan rata-rata tubuh manusia adalah 1000 Ohm. Ketika kita tersengat listrik dengan tegangan 220V, tubuh kita akan dialiri arus sekitar 220 mA.

Jika arus sebesar ini mengaliri tubuh, maka nyawa taruhannya. Aliran listrik dapat secara langsung menganggu irama jantung. Selain itu, pengubahan energi listrik menjadi energi panas dapat menyebabkan luka bakar. Sengatan ini pun dapat menyebabkan terjadinya hubungan arus pendek pada instalasi listrik.

Di lain sisi, ada pula risiko bahaya lain yang timbul karena listrik. Menurut data dari Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan DKI Jakarta, tahun lalu sebanyak 52 kasus kebakaran yang terjadi di DKI Jakarta saat musim mudik Lebaran disebabkan oleh hubungan pendek arus listrik.

Hal-hal yang tidak diinginkan tersebut melahirkan sebuah solusi, yaitu dengan pemasangan RCBO pada tempat-tempat yang dibutuhkan. RCBO adalah alat yang berfungsi untuk memutus arus listrik secara otomatis apabila terjadi hubungan arus pendek. Alat ini juga berguna untuk memutus arus listrik sehingga tidak menyebabkan kecelakaan fatal pada orang yang tersengat. Untuk menjamin kualitas produk dan keselamatan rumah, pilihlah RCBO yang memiliki SNI, salah satunya adalah dari Schneider Electric Indonesia.

Tidak hanya dengan RCBO, bahaya listrik juga dapat dicegah dengan cara mewaspadai sejumlah titik pada instalasi yang potensial terjadi hubungan arus pendek. Cek kembali sambungansambungan kabel, stopkontak, dan sakelar. Segera perbaiki jika ada yang kendur atau terkelupas. Untuk lantai lantai dasar yang rawan banjir, pikirkan langkah cepat mematikan sumber listrik seandainya musibah banjir datang.•

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.