Desain Tegas di Apartemen Pria

Rapi dengan garis kayu yang tegas dan fungsional adalah kata kunci untuk mendefinisikan apartemen ini.

IDEA - - Daftar Isi -

TEKS SARA AGUSTRIANA • FOTO FOSTIVE - FELIX PROPERTI 1 PARK AVENUE, QUEEN TOWER, KEBAYORAN LAMA, JAKARTA SELATAN • DESAINER INTERIOR MIVEWORKS

Ketika mendesain sebuah tempat tinggal, salah satu yang menjadi inspirasi bagi seorang desainer interior adalah karakteristik penghuninya. Contohnya, apartemen yang dihuni oleh seorang lelaki lajang ini. Karakteristik penghuni menjadi dasar bagi Miveworks saat merancang interiornya. Warna-warna maskulin dengan nuansa yang hangat menjadi pilihan Miveworks di hunian di kawasan Gandaria ini.

Pilihan material jatuh pada kayu untuk menciptakan nuansa maskulin. Namun uniknya, kayu yang digunakan adalah material kayu sintetis yang umumnya di gunakan untuk area outdoor.

“Tidak umum, kami bawa material tersebut ke dalam ruangan untuk memberikan kesan kayu yang homey tanpa membuang karakteristik natural dari kayu tersebut,” ungkap Melissa Septiani Wibowo, Founder sekaligus Design Director Miveworks.

Selain dari sisi visualnya, Miveworks memilih menggunakan material kayu sintetis karena lebih tahan lama dibandingkan kayu asli, juga antirayap sehingga cocok untuk kondisi di Indonesia.

Penerapan material tersebut terlihat di ketiga kamar di apartemen ini. Sama namun tak serupa. Begitulah material panel kayu digunakan untuk memberikan kesinambungan di setiap kamar tidur. Secara keseluruhan, penggunaan material kayu di apartemen ini menampilkan estetika yang rapi dengan garis yang tegas sekaligus fungsional.

Melissa menjelaskan, kamar utama mengggunakan kayu dengan warna lebih tua untuk menciptakan kesan elegan. Namun berbeda dengan dua kamar lainnya. “Di kamar tidur kedua diberi konsep yang lebih terang (warna sungkai) untuk memberikan kesan lebih muda. Lalu, di kamar tidur yang ketiga didesain dengan konsep tropical dengan pemilihan warna cat tembok hijau supaya ruang terlihat lebih cerah,” tambah Melissa.

Solusi Penyimpanan

Pemilik apartemen menyadari bahwa huniannya tidaklah luas. Untuk itu, ia mengajukan permintaan khusus kepada sang desiner interior. “Permintaan khusus owner kepada ke kami adalah memaksimalkan ruangan untuk penyimpanan tanpa terlihat bulky.”

Di samping meja makan terdapat lemari besar warna hijau tua. Melissa menyatakan bahwa kurangnya area penyimpanan di apartemen menjadikan area tersebut diperuntukkan sebagai tempat menyimpan barang-barang besar seperti tongkat golf, koper, dan lain-lain.

Dan sebagian besar furnitur yang digunakan pun yang dibuat sendiri oleh Miveworks agar dapat menyesuaikan dengan area yang tersedia.

Solusi Pencahayaan

Pencahayaan juga menjadi kendala lain yang sering dihadapi di hunian berupa apartemen. Apalagi, apartemen ini mengusung warna-warna yang cenderung gelap untuk memunculkan kesan maskulin. Menyiasati kendala tersebut, Miveworks memberikan dua jenis pencahayaan yakni secara buatan dan alami.

Pencahayaan buatan tercipta dari lampu yang berwarna temaram karena dirasa lebih cocok karena pantulan warna tersebut memberikan kesan mewah yang hangat. Lalu, pencahayaan buatannya hadir dari sinar matahari yang menembus jendela-jendela yang ada baik di kamar maupun ruang keluarga.

Untuk area yang kurang mendapatkan cahaya matahari, Melissa menyiasati dengan penggunaan warnawarna terang. Contohnya di kamar tidur ketiga yang menggunakan warna hijau pada salah satu tembok untuk memberikan kesan segar. •

Jendela besar ini menjadi solusi paling cermat untuk menerangi apartemen yang cenderung gelap akibat penggunaan warnawarnanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.