Wadah Praktis untuk Persiapan Masak

Menyiapkan bahan di awal, selain mempercepat memasak, juga membuat dapur tampak rapi. Untuk itu, dibutuhkan wadah yang sesuai.

IDEA - - Produk - TEKS TIYA SEPTIAWATI

Food preparation atau sering disingkat menjadi foodprep kini tengah menjadi tren di kalangan ibu-ibu muda. Foodprep adalah metode menyiapkan atau mengatur bahan makanan untuk suatu periode, misalnya bulanan, mingguan, atau tiga harian. Bahan makanan tersebut, seperti buah, sayur, daging, ikan, dan bumbu dapur, dibersihkan menjadi bahan siap masak. Kemudian, bahan-bahan itu dimasukkan ke dalam wadah-wadah kedap udara untuk disimpan dalam lemari es. Biasanya, foodprep dilakukan pada awal bergulirnya periode tersebut.

Astri Puji Lestari, ibu muda yang juga seorang arsitek, yang giat melalukan

foodprep, mengatakan bahwa dengan metode ini, waktu memasak lebih efektif karena bahan makanan sudah disiapkan sebelumnya. Repot sedikit di awal, tapi jadi lebih cepat dalam proses memasak selama satu sampai dua minggu ke depan,” ujarnya.

Untuk menyimpan bahan makanan tersebut, dibutuhkan wadah atau food

container. Rina Sudiana, Product Manager Tupperware Indonesia, mengatakan, wadah harus yang berkualitas tinggi dan bermaterial food grade sehingga aman bersentuhan dengan bahan makanan.

Menurutnya, wadah tersebut juga harus kedap udara. “Wadah dengan desain seal yang ketat sangatlah penting. Dengan desain yang kedap udara tersebut, makanan di dalamnya dapat terjaga kesegarannya,” ujar Rina.

Dari sisi material, food container biasanya terbagi menjadi dua, yaitu kaca dan plastik. Keduanya bisa dipilih sesuai dengan bahan makanannya. Artini Asputri, Public Relation Lock&Lock Indonesia, mengatakan, pilihlah wadah sesuai kebutuhan dan juga disesuaikan dengan bahan makanananya.

“Misalnya, untuk yang praktis langsung bisa masak di microwave atau oven pilih yang berbahan kaca. Jika bahan makanan mengandung kunyit, kari, rempah-rempah, dan rendang lebih baik memakai bahan kaca agar tidak meninggalkan noda membekas di

food container,” ujarnya. Saat ini banyak sekali wadah plastik atau kaca yang dijual di pasaran. Namun, baik plastik maupun kaca, pastikan bahwa wadah tersebut berasal dari merek yang memang sudah mempunyai sertifikat food grade dari lembaga yang dipercaya. Berikut beberapa pilihan produknya. •

Pisahkan bahan mentah ke dalam wadah-wadah yang ukurannya sesuai dengan bahan mentah tersebut.

Pilih wadah yang bermaterial food grade agar aman untuk menyimpan bahan makanan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.