Mengintip Proses Penjurian

IDEA - - Daftar Isi -

Pendaftaran peserta Mitra10IDEA Architecture Design Competition resmi ditutup akhir November lalu. Terkumpul total ratusan peserta dari kategori profesional dan mahasiswa yang mengikuti kompetisi ini. Kini waktunya para juri menentukan juara dan finalis yang berhak mendapatkan hadiah. Erick Koswara, GM Marketing Communication Mitra10 mengungkapkan cita-cita Mitra10 untuk semakin dekat ke masyarakat sebagai latar belakang diadakannya kompetisi ini.

Ia berharap lewat kompetisi ini kreativitas para profesional yakni arsitek, desainer interior, dan kontraktor serta mahasiswa semakin terasah. “Pengalaman berkarya mereka juga lebih bertambah dengan mengikuti kompetisi ini,”ungkap Erick. Ia menambahkan, sebagai bentuk dukungan Mitra10 pun akan terus mengenalkan produk-produknya untuk memberikan solusi lengkap terkait kebutuhan bahan bangunan yang terbaik buat profesional dan maupun masyarakat umum. “Mitra10 hadir ke masyarakat sebagai supermarket bahan bangun dan perlengkapan rumah dengan konsep one stop shopping,” tegas Erick.

Sementara soal tema kompetisi yakni desain Tropical Contemporary, juri lainnya Riri Yakub dari Atelier Riri dan Ren Katili dari ArsitekTropis mengungkapkan cita-cita mereka untuk semakin mengembangkan desain ini di Indonesia. “Desain ini merupakan pendekatan berarsitektur dari kami berdua. Saya selama ini melakukan pendekatan terhadap desain responsif terhadap iklim tropis, sementara Riri dengan desain kontemporernya,” ungkap Ren. Sementara menurut Erick, iklim topis Indonesia membuat tema ini cocok untuk diangkat. “Jadi kompetisi ini tidak hanya sebatas desain dan keindahan saja, tapi lebih banyak faktor kebutuhan yang dapat diakomodir di desain bangunannya.”

Dari beragam karya yang dikirimkan, ada 4 kriteria yang jadi acuan penilaian. Kriteria tersebut adalah orisinalitas, inovasi, kreativitas, dan eksplorasi material produk. Tapi baik Erick, Ren, maupun Riri mengungkapkan kesesuaian tema

Ajang semacam ini akan mendorong kreativitas temanteman arsitek, desainer interior, dan mahasiswa arsitektur di Indonesia.

Erick Koswara, GM Marketing Communication Mitra10 Kami berdua berharap, karya-karya yang nanti terpublikasi dapat menjadi referensi untuk masyarakat awam terhadap kebutuhan desain hunian yang ada saat ini.

menjadi salah satu kriteria yang paling penting dalam proses penjurian. “Kami berdua berharap, karya-karya yang nanti terpublikasi dapat menjadi referensi untuk masyarakat awam terhadap kebutuhan desain hunian yang ada saat ini,” ucap Ren dan Riri.

Untuk ke depannya, Mitra10 sebagai penyelenggara acara berencana untuk menjadikan kompetisi ini menjadi ajang kompetisi rutin. Lewat ajang ini kolaborasi antara rekan-rekan supplier bisa terjadi. “Yang tak kalah penting adalah ajang semacam ini akan mendorong kreativitas teman-teman arsitek, desainer interior, dan mahasiswa arsitektur di Indonesia,” tutup Erick. Setelah proses penjurian, para finalis dan pemenang diumumkan pada acara awarding pada 15 Desember 2018 dan karyanya akan dipamerkan dalam mini exhibition di Mitra10 QBIG BSD City.

Riri Yakub & Ren Katili, Arsitek

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.