KIAT MENGURANGI SAMPAH

IDEA - - PROFIL- LIPUTAN KHUSUS -

Produksi sampah hampir tidak bisa dihentikan, namun bisa dikurangi. Astri Puji Lestari, arsitek yang juga aktif menerapkan gaya hidup cinta lingkungan, membagikan kiatnya mengurangi sampah dapur.

KENALI KARAKTER SAMPAH YANG DIHASILKAN.

Menurut Astri, atau yang akrab disapa Atit, kita harus mengenali terlebih dulu jenis sampah di rumah kita. Soal jenis sampah berkaitan dengan gaya hidup masing-masing. Mereka yang gemar membeli makanan siap saji akan lebih banyak menghasilkan sampah pembungkus makanan (anorganik). Namun, bagi mereka yang gemar memasak sendiri akan menghasilkan banyak sampah sisa bahan makanan (organik).

LAKUKAN PEMISAHAN.

Setelah mengetahui jenis sampah yang paling banyak dihasilkan, Anda akan mudah melakukan pemisahan. Banyak orang menganggap pemisahan ini sia-sia karena ujungujungnya akan disatukan juga di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Jika merasa demikian, Atit memberi saran untuk menghubungi waste4change yang siap menampung sampah Anda dengan benar.

MANFAATKAN KEMBALI.

Sampah masih memiliki nilai lebih bila Anda pandai melakukan ide-ide kreatif. Bagi Atit, sampah masih bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang berguna. Tak hanya diolah menjadi kompos, tapi sampah bisa juga dijadikan sabun mandi, pembersih rumah alami, dan lain-lain.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.