Greycortex, Si Pengungkap Aktivitas Mencurigakan

Dengan analisis lalu lintas jaringan yang mendalam, identifikasi masalah dapat dilakukan secara dini oleh Greycortex.

Info Komputer - - Advertorial - PENULIS INDAH PM

Dengan analisis lalu lintas jaringan yang mendalam, identifikasi masalah dapat dilakukan secara dini oleh teknologi Greycortex dari perusahaan sekuriti ESET.

MENURUT IDENTITY THEFT RESOURCE CENTER (ITRC) dalam studi mereka sampai bulan Juli 2018, diketahui bahwa telah terjadi 668 kasus kejahatan siber dengan total data hilang mencapai 22.408.258 dari seluruh kategori. Ironisnya, besarnya data yang hilang menunjukkan rentannya pertahanan banyak korporasi dunia terhadap serangan melalui jaringan.

Di sinilah perlunya kesadaran dari korporasi itu sendiri untuk lebih memerhatikan keamanan lalu lintas jaringannya. Pasalnya, lalu lintas jaringan inilah yang menjadi sumber segala kejahatan siber.

Menyikapi permasalahan tersebut, ESET, vendor sekuriti asal Slovakia menggadangkan teknologi Greycortex. Dengan analisis lalu lintas jaringan yang mendalam, identifikasi masalah dapat dilakukan secara dini, termasuk bila terjadi sebaran data yang mencurigakan, seperti malware

dan ancaman serangan digital.

Greycortex sendiri merupakan teknologi Network Traffic Analysis (NTA) yang mampu memonitor dan menganalisis berbagai aktivitas yang terjadi di jaringan, termasuk seluruh transaksi dan lalu-lintas data yang terjadi. Solusi tersebut dapat pula mengukur kemacetan dalam jaringan, melihat aplikasi yang memonopoli sumber

a dwidt daya dan , sampai memperingatkan administrator untuk tren perubahan nama file yang merupakan indikator khas

ra somware. serangan

Greycortex menyediakan kebutuhan analisis keamanan data yang canggih dan tidak membutuhkan instalasi di setiap komputer. Greycortex cukup terhubung ke jaringan melalui swit port

inti dan monitor mirrori atau , selanjutnya akan bekerja memonitor seluruh jaringan tanpa terkecuali.

Lebih jauh, solusi Greycortex juga diklaim tidak mengganggu dan tidak berdampak pada kinerja jaringan saat menganalisis lalu

mirrori lintas jaringan. Teknik

real ini memonitor aktivitas secara time

dan menyimpan metadata dari paket jaringan dalam basis data mereka sendiri. Basis data dapat diakses melalui portal Manajemen Pusat berbasis jaringan. Administrator dapat melakukan forensik untuk mendiagnosis masalah jaringan terkini.

“Solusi Greycortex dapat digunakan pada semua jenis bidang industri, yang penting pengguna tersebut membutuhkan laporan tentang analisis lalu lintas jaringan di perusahaannya,” ujar Yudhi Kukuh (Technical Consultant, PT Prosperita, ESET Indonesia).

Sementara itu, Chrissie Maryanto (Marketing Director ESET Indonesia) mengungkapkan jika saat ini timnya tengah menyiapkan strategi untuk memasarkan Greycortex untuk semua bidang industri. Namun, untuk tahap awal pihaknya menyasar wilayah Jawa terlebih dahulu.

Indah PM

Chrissie Maryanto (Marketing Director ESET Indonesia, kiri) bersama Yudhi Kukuh (Technical Consultant, PT Prosperita, ESET Indonesia).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.