Mirip Penggaris, Inilah SSD Terbaru Intel

SSD D5-P4326, merupakan seri SSD (Solid State Drive) terbaru dari Intel. Ditujukan untuk komputer server di skala enterprise, SSD ini menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan dengan SSD konvensional yang sudah ada.

Info Komputer - - What’s New - PENULIS RAFKI FACHRIZAL

PADA UMUMNYA, perangkat SSD biasanya memiliki ukuran 2,5 inci atau 3,5 inci. Berbeda dengan SSD konvensional, SSD terbaru dari intel ini memiliki memanjang yang terlihat mirip seperti penggaris namun dengan ukuran yang sedikit lebih tebal.

SSD D5-P4326 dibuat dengan teknologi NAND Intel 3D, di mana sel memori ditempatkan secara berlapis dengan lapisan yang sangat tipis. Tidak hanya itu, SSD ini juga merupakan SSD terpadat yang pernah dikeluarkan oleh perusahaan Intel.

Memiliki ukuran panjang yakni 12 inci, SSD D5-P4326 memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 32 Terabyte. Dengan bentuknya yang tergolong praktis ini, setiap unit SSD dapat dimuat di rak-rak komputer 1U standar yang berukuran setinggi 1,75 inci. Bahkan, sebanyak 32 unit SSD juga dapat ditempatkan dalam satu rak sekaligus untuk menghasilkan gabungan hingga 1 Petabyte.

Selain itu, Intel mengklaim bahwa SSD ini dapat menghemat konsumsi daya lantaran aliran udara yang dibutuhkan untuk keperluan pendinginan hanya setengahnya saja daripada SSD konvensional. Dikabarkan, sejumlah perusahaan besar seperti IBM, Microsoft dan Tencent telah menggunakan SSD terbaru dari Intel ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.