Makin Singkat

Perkembangan teknologi pengisian daya baterai isi ulang membuat waktu yang dibutuhkan untuk mengisi ulang baterai bersangkutan makin singkat.

Info Komputer - - Product Review -

DAYA TAHAN baterai suatu smartphone dalam artian berapa lama suatu smartphone itu bisa digunakan tanpa perlu mengisi ulang baterainya, telah menjadi salah satu parameter yang menjadi andalan para produsen smartphone dalam menawarkan produknya. Selain itu, lamanya waktu yang diperlukan untuk mengisi ulang baterai dari suatu smartphone, menjadi parameter lain yang tak jarang pula diunggulan oleh para produsen smartphone.

Hal ini tentunya sesuatu yang wajar. Pengguna smartphone umumnya tidak ingin harus sering-sering mengisi ulang baterai smartphone- nya, maupun membutuhkan waktu lama untuk mengisinya. Meski smartphone tersebut bisa digunakan tatkala diisi ulang baterainya, setidaknya kenyamanan menggunakannya menjadi terganggu.

Metode yang umum digunakan untuk mempersingkat waktu mengisi ulang suatu baterai isi ulang adalah dengan meningkatkan asupan daya padanya. Hal ini bisa dicapai dengan menaikkan tegangan listrik dan atau arus listrik yang diberikan pada baterai bersangkutan.

Kini, berbagai metode yang mengoptimalkan pemberian daya yang lebih tinggi terhadap baterai isi ulang smartphone, banyak tersedia. ersi yang lebih baru pun tak jarang menawarkan waktu pengisian ulang yang makin singkat. Misalnya uick Charge 4 dari ualcomm diklaim bisa mengisi ulang lebih cepat sampai 1 dibandingkan uick Charge 4. Mungkin dalam waktu yang tidak beberapa lama lagi, lamanya waktu pengisian ulang baterai

smartphone dari sampai 1 sudah kurang dari 3 menit. IK

Foto: djvstock/iStock

Penulis: CAKRAWALA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.