1000

Karyawan Google Protes Terhadap Proyek Dragonfly

Info Komputer - - Numbers -

SEJAK BEBERAPA waktu lalu, Google memang tengah menjadi sorotan lantaran proyek untuk kembali menghadirkan mesin pencarinya di negara Cina telah terungkap luas. Dalam proyek tersebut, kabar terbarunya Google akan menggunakan sistem yang bernama Dragonfly. Sebuah sistem yang memiliki kemampuan untuk melacak setiap penggunanya dan juga nomor telepon mereka.

Kehadiran sistem ini sebenarnya sebagai langkah Google agar dapat lolos dari regulasi yang diterapkan negara Cina. Seperti diketahui, negara Cina memang sangat ketat terhadap masyarakatnya yang menggunakan mesin pencari dengan melarang mereka mencari topiktopik tertentu di Internet.

Hadirnya rumor proyek ini memberi banyak kritik dari berbagai pihak, termasuk juga dari internal perusahaan. Bahkan, sebagai kritik akan hal tersebut, sekitar 1.000 karyawan Google dikabarkan telah melakukan penandatanganan surat terbuka yang meminta perusahaan untuk lebih transparan mengenai proyek dan kerjasama yang dilakukan dengan Negeri Tirai Bambu tersebut.

foreignpolicy.com

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.