Space Egg, Robot Pintar untuk Sektor Perhotelan

Diluncurkan oleh oleh raksasa e-commerce Cina yaitu Alibaba, robot pintar yang menggunakan teknologi AI ini dirancang untuk siap melayani setiap pengunjung hotel yang datang.

Info Komputer - - What’s News - PENULIS RAFKI FACHRIZAL

ROBOT SPACE EGG sendiri diperkenalkan beberapa waktu lalu pada acara The Computing Conference yang diselenggarakan perusahaan Alibaba di Hangzhou, Cina. Menurut informasi, robot ini direncanakan akan mulai melaksanakan ujicoba di sebuah hotel di kota Cina pada pertengahan bulan Oktober ini.

Untuk kinerjanya, pihak Alibaba AI Labs menjelaskan bahwa Space Egg memiliki kemampuan melayani pengunjung hotel seperti mengantarkan makanan atau pakaian yang di laundry. Tidak hanya itu, robot ini juga dapat berkomunikasi dengan setiap pengunjung hotel, baik melalui perintah suara, sentuhan maupun dari gerakan tangan.

Semua kemampuan itu dapat dilakukan Space Egg berkat teknologi Aligenie yang diterapkannya. Seperti diketahui, AliGenie merupakan perangkat lunak di balik speaker cerdas Tmall Genie yang juga dibuat oleh Alibaba AI Labs.

Memiliki tinggi yang kurang dari satu meter, robot ini diklaim mampu berjalan dengan kecepatan hingga satu meter per detiknya. “Dengan kemampuan-kemampuan yang dimilikinya, Robot ini adalah langkah berikutnya dalam evolusi menuju hotel-hotel yang lebih maju.” ungkap Chen Lijuan, General manager Alibaba AI Labs.

Kedepannya, setelah melakukan ujicoba robot ini di hotel, pihak Alibaba AI Labs juga akan mencoba mengembangkan robot ini agar dapat digunakan di area lain seperti rumah sakit, restoran dan perkantoran.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.