Intisari

Berenang paling baik

-

Dari beberapa jenis olahraga yang disarankan untuk ibu hamil, menurut Lilia berenang adalah yang paling baik. Air dianggap membawa manfaat paling besar untuk ibu hamil dan juga untuk bayi. Sebab, saat berenang, semua otot bekerja dan meningkatk­an sirkulasi darah di pembuluh darah.

Untuk ibu hamil, renang bisa menghilang­kan sakit punggung, mengurangi tekanan janin pada rektum, dan mencegah kaki bengkak. Ibu hamil juga berkesempa­tan menerima sinar matahari. Sinar ultraviole­t tidak hanya memiliki efek antiseptik tetapi juga mampu mengubah bagian bahwa kulit menjadi vitamin D3. Fungsi vitamin D3 adalah untuk kalsium yang berguna mengembang­kan tulang pada bayi.

Sementara untuk bayi, air bisa membantu sistem saraf bayi berkembang lebih baik, memperkuat paru-paru (ketika ibu hamil menahan napas di dalam air), dan mengubah posisi bayi jika belum pada tempatnya untuk persiapan persalinan.

Menariknya, beberapa penelitian mengatakan jika berenang membuat tubuh ibu hamil menjadi sehat dan setelah melahirnya bisa kembali ke bentuk tubuh awal.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia