Intisari

The Benefits

-

Dengan lebih melihat kerentanan secara lebih positif dan mengekspre­sikannya dengan cara yang sesuai, ada sejumlah manfaat yang bisa diperoleh.

Pertama, memperkuat emergent leadership. Saat mendapat kabar bahwa saya terkena serangan jantung, tim Daily Meaning langsung bergerak untuk mencari jalan keluar terbaik dengan klienklien untuk project yang sedang dan akan berjalan. Kepemimpin­an mereka langsung teruji untuk mencari solusi terbaik dalam situasi yang ada. Emergent leadership ini akan muncul bila tingkat kematangan baik, ada mutual trust dan respect, serta adanya tujuan bersama yang jelas.

Kedua, strenghthe­ning collaborat­ion. Tim yang baik dalam budaya kerja positif akan saling melengkapi dan bukan saling menjatuhka­n. Dengan lebih mengekspre­sikan apa yang jadi kekurangan, apa yang akan kita lakukan untuk mengatasin­ya, dan juga menyampaik­an dukungan apa yang diharapkan dari rekan kerja, kolaborasi akan meningkat.

Terakhir, creating progress. Peningkata­n kinerja lebih tidak akan terjadi bila kita juga tidak menyadari kekurangan yang ada. Rentan yang positif tentunya adalah rentan yang berorienta­si pada perkembang­an, dan bukan sekadar jalan di tempat. Dalam kasus saya, pengaturan ulang jadwal kerja dan pola hidup menjadi progress yang mutlak harus terwujud, karena nyawa bukanlah sesuatu yang bisa didramakan.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia