ATRIBUT KEDUA

Intisari - - Career Notes - ALEXANDER SRIEWIJONO, Psikolog & The Founder of Daily Meaning

Dalam beberapa situasi, saya mengobservasi tingkat kepercayaan diri dan kenyamanan seseorang. Khususnya dalam menampilkan dirinya. Saya mendapati bahwa hal itu dipengaruhi oleh atribut yang diberikan kepada dirinya sendiri. Apa maksudnya?

Melambangkan identitas

Atribut adalah identitas yang dapat diberikan kepada diri kita sendiri. Coba Anda sebutkan satu atribut mengenai siapa diri Anda. Sebagian besar orang akan menjawabnya dengan laki-laki/ perempuan, tua/muda, bapak/ ibu, lajang/menikah, mahasiswa/ karyawan, dan jawaban lain sejenis itu.

Tidak ada yang salah dengan jawaban itu, namun sering kali atribut pertama yang kita berikan kepada diri kita belum cukup kuat untuk menjadi modal kepercayaan diri. Atribut pertama itu juga terkadang belum menggambarkan kekuatan atau kelebihan yang kita miliki.

Ambil contoh: tidak semua pria bertanggung jawab atau menjadi perempuan bukan berarti lemah. Tidak semua orang yang lebih tua bijaksana. Menjadi pria maskulin belum tentu percaya diri. Itu baru beberapa ilustrasi yang bisa menjadi gambaran betapa atribut pertama yang kita berikan kepada diri kita belumlah menentukan segalanya.

Beberapa kasus lain yang saya temui langsung adalah, ada yang sudah menikah namun tidak berbahagia karena merasa seperti tidak punya pasangan. Sementara ada yang belum menikah, namun justru sangat berbahagia karena

bisa menikmati kesendiriannya.

Oleh sebab itu, atribut pertama saja tidak cukup untuk menampilkan versi terbaik dari diri kita.

Atribut kedua

Karena kondisi atribut pertama saja tidak cukup, mari kita tambahkan atribut kedua yang bisa lebih menentukan kekuatan diri kita.

Saya sampaikan kepada teman saya yang insecure sebagai pria yang feminin: “be yourself but be the best version of you”. Toh kalau feminin, jadilah pria feminin yang percaya diri, misalnya.

Juga sebaliknya kepada merekamereka yang mengaku pria-maskulin-berotot, jadilah pria-maskulinberotot yang bisa mengayomi keluarga. Bukan sekadar tampil maskulin dan kekar, tetapi tidak bertanggung jawab dengan peran yang dimilikinya.

Selamat menambahkan atribut kedua pada identitas diri Anda dan nikmati versi terbaik dalam dirimu.

Atribut kedua menambahkan identitas terbaik Anda.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.