SELANGKAH LEBIH DEKAT

Intisari - - Career Notes - Penulis & Foto: Wisnu Nugroho

Gerakan Menuju 100 Smart City mendekati fase akhir. Dari rencana kerja yang tersusun, kita layak berharap terwujudnya birokrasi yang fasih memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Sebagai daerah yang berada di patahan Semangko, Kota Padang berulang kali mengalami bencana gempa. Salah satu yang terbesar terjadi di tahun 2009, yang memakan korban jiwa 600 jiwa lebih.

Peristiwa tersebut menyadarkan Pemerintah Kota Padang untuk membuat sistem peringatan dini gempa sejak beberapa tahun lalu. Di tahun ini, sistem peringatan dini tersebut akan dikembangkan agar terintegrasi ke ponsel warga Kota Padang. Jadi setiap kali terjadi gempa, sistem peringatan dini akan mengirimkan SMS peringatan ke ponsel warga sehingga bisa mengambil langkah preventif.

Jawab Tantangan

Kota Padang sendiri adalah satu dari lima puluh kota/kabupaten yang terpilih mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City tahap kedua.

Gerakan ini sendiri dimotori oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika dan didukung kementerian terkait, seperti Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Keuangan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Bappenas, serta Kantor Staf Kepresidenan.

Pada Gerakan Menuju 100 Smart City, pemerintah pusat membentuk tim ahli yang terdiri dari akademisi dan praktisi smart city. Tim ahli ini kemudian melakukan bimbingan kepada pemerintah kota/kabupaten dalam menyusun masterplan smart city. Masterplan ini sendiri akan mencakup enam area yang menyentuh semua aspek kehidupan warga, yaitu smart government, smart branding, smart economy, smart living, smart society, dan smart environment.

Masterplan smart city ini sendiri akan mencakup rencana sampai 10 tahun ke depan. Namun agar manfaat gerakan ini bisa langsung dirasakan masyarakat, tiap kota/kabupaten dituntut memiliki program quick win. Program quick win sendiri disesuaikan dengan karakteristik masing-masing daerah.

Seperti contoh di atas, Kota Padang mendorong integrasi sistem peringatan dini karena daerah mereka yang rawan gempa. Sementara Pemerintah Kabupaten Grobogan memilih pengembangan aplikasi Tani Warga untuk mendukung ekonomi warganya yang mayoritas petani.

Siap Berbagi

Semua rencana aksi dari 50 kota/kabupaten terpilih ini akan dipresentasikan pada penutupan Gerakan Menuju 100 Smart City tahap kedua awal Desember nanti. Tiap daerah akan diminta menampilkan gambaran besar rencana mereka, termasuk program yang terpilih menjadi quick win.

Yang akan hadir di acara penutupan ini bukan cuma 50 kota/kabupaten yang terpilih, namun juga perwakilan dari seluruh kota/ kabupaten di Indonesia.

Melalui acara ini, diharapkan terjadi pertukaran informasi dan pengalaman antar daerah dalam mengembangkan smart city. Dengan begitu, mimpi besar meningkatkan kualitas pelayanan masyarakat di seluruh tanah air dapat cepat terwujud.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.