KENALI EMPAT TIPE KEPRIBADIAN KUDA

Intisari - - Fit -

Secara garis besar terdapat empat tipe kepribadian kuda yaitu kuda yang sifatnya sosial ( social horse), kuda yang gampang takut ( fearful horse), kuda yang suka menyendiri ( aloof horse) dan kuda yang menantang ( challenging horse).

1 Social horse suka berinteraksi dan mempunyai ketertarikan dengan lingkungan di sekitarnya. Ia suka disentuh dan kerap bersuara. Ia pun terbuka terhadap orang-orang yang mendekatinya. Kuda tipe ini mudah untuk dilatih dan cocok dipakai oleh penunggang pemula.

2 Fearful horse cenderung waspada dan mudah curiga terhadap lingkungan di sekitarnya. Ia mudah panik dan kurang nyaman dengan area yang sempit. Kurang bisa beradaptasi dengan lingkungan baru dan mudah terkejut. Ia mendapatkan rasa percaya diri dari penunggangnya atau kuda lain yang dekat dengannya. Namun apabila sudah terlatih, kuda tipe ini biasanya menunjukkan totalitas dan fokus yang baik.

3 Aloof horse bersifat pasif dan tidak memiliki ketergantungan pada siapa pun, baik orang maupun kuda lain. Ia lambat dalam merespon stimulus atau instruksi, bahkan kerap mengabaikannya. Selama latihan, kuda tipe ini perlu diasah fokus dan kemampuan interaksinya.

4 Challenging horse memiliki ego tinggi dan sombong. Ia sangat menghargai area pribadinya sehingga kurang merasa nyaman apabila ada orang yang mendekatinya. Ia tidak suka diperintah bahkan kerap melawan instruksi.

Kuda tipe ini kerap memanfaatkan ketidakpercayaan diri penunggangnya, terutama para penunggang pemula, untuk memanipulasi dan mengambil alih kendali. Selama latihan, ia perlu diingatkan terus-menerus agar menyadari bahwa penunggang atau trainer yang seharusnya memegang kendali. Kuda tipe ini umumnya memiliki tenaga yang besar, berani dan berkharisma.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.