INDUSTRI PUN MULAI MELIRIK

Intisari - - Dinamika -

Ajang Consumer Electronics Show (CES) 2017, pameran teknologi yang ditunggu banyak orang, bisa menjadi sinyal bahwa industri besar pun melirik kebangkitan analog ini. Kodak Aliris, perusahaan yang mengakuisisi lini film Kodak, mengumumkan kembalinya produk yang sebenarnya sudah mereka umumkan mati pada 2012 lalu: Kodak Ektachrome.

“Penjualan film profesional kami meningkat terus dalam dua-tiga tahun ini,” kata Dennis Olbrich, presiden Kodak Alaris divisi kertas cetak, film, dan bahan kimia foto, kepada TIME.

Fujifilm pun kini makin gencar memasarkan kamera instannya, Fuji Instax. Jenis kertas cetak yang lebih beragam kini bisa mudah kita temui. Yang terbaru adalah kertas cetak dengan warna hitam putih.

“Ini adalah pasar yang besar bagi kami,” kata Manny Almeida, presiden Fujifilm divisi imaging Amerika Utara. Tahun kemarin, Fujifilm mengaku sudah menjual 6,5 juta kamera instan, meningkat 3,9 juta dari penjualan tahun 2014.

“Kami sudah melakukan riset untuk memahami bagaimana kesan konsumen terhadap produk kami, perilakunya dan bagaimana mereka membelinya,” kata Almeida, “Banyak pembeli yang mengindikasikan bahwa mereka enggak melihat Fuji Instax sebagai fotografi, melainkan sebagai sesuatu yang fun, santai. Ini adalah komunikasi sosial.”

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.