BEBERAPA PERTIMBANGAN UNTUK ALIH PROFESI

Intisari - - Sorotan -

Sebelum mengambil tindakan untuk alih profesi, kita perlu mempertimbangkan faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah faktor-faktor dari diri sendiri, seperti usia, skill, dan jejaring. Faktor eksternal, misal, peluang kerja di masa depan, kompleksitas profesi, dan kesempatan berkembang untuk profesi tersebut.

Andin menjelaskan, usia berpengaruh karena semakin tua seseorang, semakin terbatas peluangnya untuk memilih profesi-profesi tertentu, seperti profesi atlet. Di sisi lain, usia yang tua, yang berarti akumulasi pengalaman kerja yang luas dan skill yang tinggi, menyebabkan profesi coach (misal bussiness coach dan life coach) menjadi pilihan yang sangat baik untuk ditekuni oleh orang-orang yang sudah mendekati usia pensiun di satu perusahaan.

Kompleksitas profesi bisa diartikan persyaratan menekuni profesi tersebut, misal mengikuti program belajar khusus, adanya sertifikasi khusus, atau ujian tertentu menjadi faktor yang harus dipertimbangkan juga saat ingin berpindah profesi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.