Intisari

KEBIASAAN BAIK UNTUK MELAWAN KESEPIAN

-

Kesepian biasanya menguras energi, mengganggu fokus, membuat susah hati, sehingga orang yang mengalamin­ya merindukan kehangatan.

Berikut beberapa kebiasaan baik yang dapat dikembangk­an untuk melawan kesepian menurut Gretchen Rubin, penulis buku The Happiness Project:

Biasakan diri memperhati­kan orang lain Biasakan diri terhubung dengan orang lain

Bergabungl­ah dengan komunitas di kantor atau area lingkungan rumah. Ambil waktu untuk mengobrol santai dengan rekan kerja atau tetangga misalnya.

Biasakan memiliki kualitas tidur yang baik

Indikator dari kesepian adalah rusaknya kualitas tidur seperti sulit tidur, sering terbangun, dan selalu mengantuk di siang hari. Sebaliknya, tidur yang baik akan mempengaru­hi suasana hati dan pikiran.

Biasakan terbuka pada orang lain

Terbuka bukan berarti menceritak­an berbagai hal soal diri kita. Terbuka berarti menerima segala perbedaan, keunikan, dan potensi yang orang lain miliki.

Biasakan bertanya pada diri sendiri, “Apa yang kurang dari hidupku?”

Banyak orang kesepian yang tidak menyadari apa yang hilang dan kurang dari hidupnya. Dengan memahami apa yang kita butuhkan seperti teman, pasangan, atau komunitas, kita bisa menangkal kesepian.

 ??  ?? Cobalah untuk menawarkan kebaikan untuk orang lain dengan rela. Misalnya, menawarkan tetangga bantuan, dan menjadi relawan. Memberikan dukungan bagi orang lain akan menciptaka­n perasaan terhubung dengan orang lain.
Cobalah untuk menawarkan kebaikan untuk orang lain dengan rela. Misalnya, menawarkan tetangga bantuan, dan menjadi relawan. Memberikan dukungan bagi orang lain akan menciptaka­n perasaan terhubung dengan orang lain.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia