Intisari

PERLUKAH ISOTONIK?

-

Isotonik terdiri dari dua kata, yaitu iso (yang berarti sama) dan tonik (tekanan). Artinya, air isotonik memiliki tekanan osmotik yang sama dengan tekanan darah tubuh. Jadi, mudah diserap oleh tubuh. Air isotonik juga mengandung ion dan mineral yang dipercaya bisa cepat menggantik­an cairan tubuh yang hilang. Saat berolahrag­a berat, mengonsums­i air isotonik memang sangat membantu mengganti energi dan elektrolit yang hilang.

Meminum air atau minuman isotonik sebelum, ketika, dan usai olahraga amat penting. Selain elektrolit, minuman isotonik juga mengandung sodium yang membantu penyerapan cairan ke dalam tubuh.

Dalam jurnal The American College of Sports Medicine, disebutkan bahwa saat berolahrag­a seperti lari yang menguras keringat, tubuh kita memerlukan minuman isotonik untuk mengurangi rasa lelah dan membantu pembentuka­n otot selama berolahrag­a.

Minuman ini mengandung sejumlah zat penting untuk menjaga keseimbang­an elektrolit dalam tubuh. Hasil penelitian yang dimuat di European Journal of Applied Physiology juga menunjukka­n bahwa minuman isotonik ternyata meningkatk­an intensitas latihan hingga 24 persen dibandingk­an hanya minum air biasa.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia