PERLUKAH ISOTONIK?

Intisari - - Healthy Life -

Isotonik terdiri dari dua kata, yaitu iso (yang berarti sama) dan tonik (tekanan). Artinya, air isotonik memiliki tekanan osmotik yang sama dengan tekanan darah tubuh. Jadi, mudah diserap oleh tubuh. Air isotonik juga mengandung ion dan mineral yang dipercaya bisa cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang. Saat berolahraga berat, mengonsumsi air isotonik memang sangat membantu mengganti energi dan elektrolit yang hilang.

Meminum air atau minuman isotonik sebelum, ketika, dan usai olahraga amat penting. Selain elektrolit, minuman isotonik juga mengandung sodium yang membantu penyerapan cairan ke dalam tubuh.

Dalam jurnal The American College of Sports Medicine, disebutkan bahwa saat berolahraga seperti lari yang menguras keringat, tubuh kita memerlukan minuman isotonik untuk mengurangi rasa lelah dan membantu pembentukan otot selama berolahraga.

Minuman ini mengandung sejumlah zat penting untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. Hasil penelitian yang dimuat di European Journal of Applied Physiology juga menunjukkan bahwa minuman isotonik ternyata meningkatkan intensitas latihan hingga 24 persen dibandingkan hanya minum air biasa.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.