SAATNYA WUJUDKAN PENGHASILAN TAMBAHAN

Intisari - - Healthy Life - EKO ENDARTO Financial Planner di Finansia Consulting @kokiduit

Memiliki penghasilan yang baik adalah harapan setiap orang. Kenaikan biaya hidup, banyaknya keinginankeinginan yang ingin dicapai dan tuntutan pemenuhan kebutuhan sering menjadikan sebuah penghasilan utama tidak lagi memungkinkan untuk memenuhi semua harapan.

Akan tetapi, saat ini kebutuhan dan keinginan saja tidak lagi menjadi pemicu seseorang untuk memulai mendapatkan penghasilan di luar penghasilan utamanya. Kesempatan dan peluang yang besar saat ini memungkinkan seseorang untuk bisa mendapatkan penghasilan lainnya sebagai tambahan.

Teknologi informasi yang sangat cepat berubah, peraturan yang sudah berganti, memungkinkan memiliki bisnis bukan lagi hanya sebuah mimpi. Namun kenyataan yang bisa diwujudkan setiap orang.

Dahulu adalah hal yang tabu membicarakan bisnis ketika seseorang berada di kantor dan bekerja. Namun, saat ini banyak orang yang menjalankan usahanya saat mereka bekerja di kantor bahkan ketika meeting dengan kolega.

Waktu berubah dan kondisi juga berganti. Memiliki usaha sebagai sarana mendapatkan penghasilan tambahan tidak lagi menjadi hal yang tidak mungkin dilakukan.

Tiga kunci awal memulai

Saat kita membicarakan mengenai bagaimana kita bisa memperolah penghasilan tambahan, sebenarnya bisa dilakukandengan beragam cara.

Ada yang menjadi pengusaha daring, menjadi investor di bisnis, atau produk keuangan, atau bisa juga sebagai pegawai lepas di perusahaan lain, namun dengan kondisi tidak harus berada di kantor tertentu. Jadi saat ini kesempatan sangat banyak dan memungkinkan.

Pertanyaan yang umum ada di benak seseorang yang akan mencari penghasilan tambahan biasanya selalu sama, ”Bagaimana saya mulainya?”

Namun, saat ini banyak orang yang menjalankan usahanya saat mereka bekerja di kantor bahkan ketika meeting dengan kolega.

1 Hobi

Hobi menjadi jendela awal untuk memulai. Sebuah bisnis yang dimulai dengan hobi memiliki kelebihan karena pengelola atau

penggarapnya merasa nyaman dengan hal yang ia lakukan.

Namun kita harus berhati-hati karena bisnis yang dilakukan berdasarkan hobi ini juga sering menjadikan pemiliknya tidak bersikap profesional dan hati-hati.

Walau ini adalah hobi tapi sikap profesional di bidang bisnis tetap harus ada. Target yang jelas, anggaran yang terukur, dan sistem yang benar, menjadi dasar keberhasilan mendapatkan penghasilan tambahan dari sekadar menjalankan hobi ini.

Saat ini sangat banyak travel blogger di dunia maya. Hobi untuk melakukan perjalanan ditambah kemampuan untuk menuangkannya dalam foto dan tulisan, menjadikan mereka sebagai pebisnis dari hobi. Mendapatkan penghasilan plus menimati prosesnya dengan melakukan hobi mereka.

2 Keahlian

Kemungkinan kedua adalah dengan keahlian. Seseorang yang telah melakukan pekerjaannya selama beberapa waktu pasti menguasai pekerjaannya dengan kemampuan berbeda dengan kebanyakan orang lainnya.

Pekerjaan yang dilakukan berulang membuat dirinya bisa dengan mudah menyelesaikan masalah. Atau membuat sebuah terobosan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh mereka yang baru di bidang tersebut. Jadi tak heran keahlian dan pengalaman menjadi alasan seseorang sukses dengan yang dikerjakannya.

Banyak profesional yang bekerja di satu perusahaan namun menjadi seorang pebisnis saat di luar kantor. Pekerjaan yang dilakukan juga sama namun mereka hanya sebagai freelancer atau pekerja lepas sesuai proyek yang sedang dibuat. Sehingga penghasilan diperoleh dari pekerjaan yang dilakukan karena keahlian namun dari sumber yang lebih beragam.

3 Tiru dan kembangkan

Kadangkala kita melihat pekerjaan atau bisnis yang dilakukan seseorang bisa dengan mudah kita jalani dan kerjakan. Bahkan kita bisa mengembangkan lebih besar lagi dengan perubahan dan kreativitas yang kita lakukan.

Meniru bukanlah sesuatu yang haram dalam dunia bisnis, tapi dengan etika bisnis yang baik tentunya. Bukan dengan merk yang sama, bentuk sama, dan mengakui milik orang lain sebagai milik kita. Melainkan dengan ide sama untuk menjalankan dengan cara yang berbeda. Barang dan jasa boleh ditiru tapi dilarang melakukan klaim kepemilikan orang lain menjadi milik kita.

Memiliki toko online dengan jualan barang yang bisa jadi sama bukanlah hal yang salah. Tapi ketika kita bisa menjualnya dengan model pemasaran berbeda, itu menjadi kelebihan kita dibandingkan toko yang kita tiru. Atau bisa juga kelebihan kita dari sisi pemasok sehingga harga bisa lebih bersaing. Bisa juga dari kemasan. Banyak hal yang bisa membedakan kita dari tempat yang kita contoh.

Mungkin Anda akan mengatakan hal tadi mudah ditulis tapi tidak mudah dilakukan. Nah, pengalaman saya membuktikan bahwa mereka yang membuat pernyataan itu adalah mereka yang belum memulai tapi sudah menolak.

Karena itulah saya hanya bisa mengatakan bahwa hal di atas tidaklah mudah tapi bukan berarti tidak mungkin. Langkah pertama adalah pembuka untuk menjadikannya mungkin.

Teknologi informasi yang sangat cepatSecangkirberubahkopimemungkinkanbisamebisnisnentukantaklagimasahanyadepan. mimpi.

Target jelas, anggaran terukur, dan sistem yang benar menjadi kunci penghasilan tambahan dari hobi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.