PERSIAPKAN MENTAL, GALI KEMAMPUAN

Intisari - - Sorotan -

Alih profesi tentu tidak bisa dilakukan secara mendadak. Lakukan persiapan sejak awal. Ada tahapan-tahapan yang harus dilewati agar proses berganti profesi berjalan lancar. Yang paling penting adalah persiapan mental, dalam hal ini memahami motivasi internal dan keyakinan diri sendiri mengapa ingin menekuni profesi baru tersebut.

“Semakin siap secara mental, semakin mantap dalam melangkah. Apabila mental sudah siap, maka tahap berikutnya adalah mulai menggali skill apa yang wajib dimiliki untuk bisa sukses dalam profesi yang baru tersebut dan bagaimana cara agar bisa membangun skill tersebut,” kata Andin seraya memberi contoh seseorang yang ingin berganti profesi dari pekerja kantoran menjadi musisi tentunya harus mengembangkan skill musiknya sebaik mungkin. Bisa dengan disiplin berlatih, ikut kursus, atau belajar langsung dari ahlinya sedemikian rupa sehingga bisa menjadi musisi profesional.

Beralih profesi membutuhkan aksi yang terus menerus. Tidak boleh mudah menyerah, apalagi vakum. Progres yang kecil namun kontinyu akan lebih efektif daripada progres yang melompat jauh dan kemudian berhenti selamanya. Karena itu menjadi sangat penting untuk memiliki motivasi dan keyakinan kuat bisa sukses.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.