INILAH TIGA TREN SMART CITY DI MASYARAKAT INDONESIA

Saat ini, hampir setiap kota besar di dunia berlomba-lomba menjadi yang terdepan dalam smart city. Tak terkecuali, di Indonesia. Smart city memang telah menjadi kebutuhan pada era digital .

Intisari - - Jeda -

Melansir Technavio, setidaknya terdapat tiga tren smart city pada masa kekinian, yaitu:

Lingkungan tertata rapi

Predikat smart city tentunya tak afdal bila tidak disertai kemajuan dalam tata kelola pemerintahan. Misalnya, manajemen sampah ( waste management).

Melalui teknologi, kini tong sampah di perkotaan dapat dipantau tingkat kepenuhannya. Ada pula manajemen air ( water managament), dengan contohnya pengelolaan kebersihan lingkungan sungai.

Berteknologi tanpa cemas

Suatu smart city biasanya dilingkupi teknologi digital tak berbatas. Teknologi digital memang menjadi tulang punggung peradaban baru warganya.

Dalam hal penyimpanan data, misalnya. Jika dahulu kehabisan memori internal untuk menyimpan data sering menjadi masalah klasik, maka hadirnya komputasi awan ( cloud) telah memudahkan kita.

Jasa penyimpanan cloud membuat kita tak perlu repot mengakses data di berbagai gawai lagi. Ketika membutuhkan foto atau dokumen lama, kita tinggal mengunduhnya di akun cloud.

Demikian pula ketika memiliki berbagai data tercecer, kita tinggal mengunggahnya ke cloud. Seperti itulah tren smart city masa kini, serba digital dan kian memanjakan kehidupan manusia.

Jaringan internet super cepat

Smart city sejatinya bakal sulit terwujud tanpa jaringan internet cepat. Sebab, hal itu merupakan nyawa dari kemajuan teknologi digital.

Misalnya saja, perkembangan skala besar augmented reality (AR) maupun virtual reality ( VR) pada waktu bersamaan tentunya membutuhkan jaringan internet super cepat.

Menjadi tidak asyik bukan ketika bermain gim AR atau VR lantas terhenti karena putusnya koneksi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.