SARAF TERJEPIT DI TANGAN

Intisari - - Fit -

Sebenarnya saraf terjepit bukan istilah untuk HNP saja. Salah satu kondisi yang menandakan adanya saraf terjepit pada tangan adalah carpal tunnel syndrome alias sindrom lorong karpal.

Penderita sindrom lorong karpal biasanya mengalami nyeri di tangan karena adanya saraf yang terjepit di pergelangan tangan. Masalah ini bisa terjadi karena beberapa hal seperti cedera, gangguan anatomi pergelangan tangan, dan pola penggunaan tangan yang salah.

Terowongan karpal adalah bagian sempit yang terletak di antara telapak tangan dan pergelangan tangan. Ia berfungsi untuk melindungi saraf utama pada tangan dan tendon jari. Nah, apabila terjadi tekanan pada saraf ini tangan menjadi mati rasa, sakit, bahkan terjadi kelemahan tangan.

Gejala paling kentara dari sindrom terowongan karpal adalah kesemutan atau mati rasa di bagian ibu jari dan telunjuk, maupun di seluruh tangan. Biasanya terjadi nyeri yang menjalar dari pergelangan tangan sampai lengan dan bahu. Tangan juga menjadi lemah sehingga penderitanya cenderung menjatuhkan benda.

Tahap pemulihan saraf terjepit jenis ini disesuaikan dengan penyebab dan tingkat keparahannya. Hubungi langsung dokter apabila Anda mengalami gejala yang disebutkan tadi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.