TEKNIK PERNAPASAN HEART-BREATHING

Intisari - - Healthy Life -

Teknik bernapas “heart-breathing” bermanfaat menyelaras-kan tubuh dan pikiran, serta membuat otak dan jantung bekerja secara koheren. Teknik ini baik dilakukan setiap pagi hari sebelum memulai aktifitas dan malam hari menjelang tidur selama beberapa menit. Namun teknik ini sebetulnya bisa dilakukan setiap saat, terlebih pada saat stres melanda. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Teknik pernapasan “heartbreathing”

Bayangkan kita bernapas melalui jantung atau area dada sebelah kiri. Pada saat menarik napas, bayangkan seolah-olah udara masuk melalui dada, begitu pun pada saat menghembuskan napas. Meletakkan telapak tangan di dada selama bernapas, dapat membantu memfokuskan perhatianmu pada jantung. Tarik napas secara perlahan dan lebih dalam, tarik napas selama lima detik dan hembuskan selama lima detik juga.

Aktivasi Emosi Positif

Aktifkan emosi positif seperti kasih sayang dan penghargaan terhadap seseorang yang kita kasihi, atau dapat juga dengan mengingat suatu peristiwa atau tempat yang membuatmu merasa bahagia. Rasakan kembali emosi positif tersebut saat ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.