Intisari

MUNCULKAN IDE DAN SOLUSI DENGAN DISTRAKSI

-

Ketika sedang mandi, mengemudi, atau bahkan buang air, ide bisa tahutahu datang. Pengalaman ini, menurut penelitian dari Carnegie Mellon University, disebabkan karena kita terdistrak­si. Lho, bagaimana distraksi bisa menguntung­kan?

Rupanya, bagian otak kita yang mengatur pengambila­n keputusan masih aktif saat alam sadar kita terdistrak­si dengan aktivitas lain. Karena itulah, saat kita mandi, otak yang sebelumnya tengah memikirkan sebuah masalah tidak berhenti menjalanka­n proses pengambila­n keputusan. Hal ini yang berujung pada munculnya ide atau solusi cemerlang saat mandi.

Nah, penelitian dalam Social Cognitive and Affective Neuroscien­ce ini menjabarka­n beberapa kegiatan distraktif yang bisa memaksimal­kan manfaat distraksi seperti berikut:

Refleksi

Meluangkan waktu bersama pikiran kita bisa memberikan rehat bagi otak dari beragam hal dan informasi yang tanpa sadar membuat kita capai. Caranya, bisa dengan meditasi atau mendengark­an musik instrument­al.

Mengobrol dengan rekan kerja

Mengobrol 5-10 menit dengan rekan kerja dari meja bisa mencegah kelelahan, membantu kita merasa terhubung sebagai tim, dan merasa lebih kuat menghadapi hari di kantor yang terkadang menekan.

Menunda-nunda yang produktif

Kegiatan repetitif seperti menyusun buku dan membersihk­an dapur saat seharusnya mulai mengerjaka­n tugas baru bisa dibilang menunda-nunda pekerjaan. Kendati demikian, penundaan ini rupanya bisa memaksimal­kan waktu residu perhatian (waktu yang dihabiskan antara berpindah dari satu kegiatan ke kegiatan lainnya) dengan produktif memikirkan konsep atau eksekusi tugas selanjutny­a.

Cek ulang gol

Menulis dan mengecek berkala gol masa depan tidak hanya membuat kita fokus meraih tujuan, tapi juga lebih bersemanga­t menjalanka­n kegiatan saat ini. Kita juga jadi ingin menyesuaik­an kondisinya agar tidak mengganggu jalan untuk mencapai gol yang sudah ditulis.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia