Intisari

PHOTO STORY Tomatina Gaya Tanah Sunda

Penulis dan Fotografer: Septianjar Muharam di Bandung

-

Sekilas, tradisi ini mungkin akan mengingatk­an kita pada festival tahunan Tomatina di Valencia, Spanyol. Perang yang membuat para pesertanya mandi cairan merah buah tomat. Buah? Yang benar, buah atau sayur sih? Ah, entahlah.

Tradisi perang tomat juga ada di Desa Cikareumbi, Lembang, Bandung Barat. Acara ini merupakan bagian dari Hajat Buruan, sebuah acara yang menandai awal musim tanam. Hajat Buruan sendiri sebenarnya sudah tradisi lama, hanya saja perang tomat baru dimulai sejak 2011.

Acara dipusatkan di lapangan di mana terdapat sebuah panggung. Usai upacara doa dan sesajian, para wanita dan anak perempuan berkumpul di jalan, memakai topi caping berhiaskan bermacam sayuran. Sementara kaum lelaki sambil membawa sejumlah hiasan dan manik-manik.

Di tempat lain, sebagian lelaki berbaju zirah dari anyaman daun kelapa, topeng serta perisai dari anyaman bambu melakukan arakarakan menuju panggung. Diiringi alunan musik gamelan Sunda, para penari dan ksatria ini sempat menari sejenak, sebelum akhirnya dimulailah perang tomat.

Para penonton kemudian ikut berpartisi­pasi. Mereka mengambil tomat yang sudah tersedia di berbagai sudut jalan, kemudian me- lemparkann­ya ke udara. Siapapun bisa terkena. Tapi tak ada dendam, hanya ada tawa dan bahagia. Jalanan akhirnya memerah.

Perang tomat merupakan tradisi masyarakat setempat untuk membuang hal buruk yang disimbolka­n dengan tomat busuk. Usai perang tomat, para warga bergotong royong membersihk­an jalanan dan memungut tomat-tomat tersebut untuk dijadikan pupuk. Dari bumi kembali ke bumi.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? Merias diri sebelum mengikuti acara Hajat Buruan.
Merias diri sebelum mengikuti acara Hajat Buruan.
 ??  ?? Ladang tanaman tomat yang melimpah di Desa Cikareumbi.
Ladang tanaman tomat yang melimpah di Desa Cikareumbi.
 ??  ??
 ??  ?? Dua orang warga dengan pelindung kepala dan tameng.
Dua orang warga dengan pelindung kepala dan tameng.
 ??  ?? Amunisi yang siap digunakan .
Amunisi yang siap digunakan .

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia