Intisari

KABAR

Apakah kota/kabupaten Anda terpilih sebagai smart city? Sepanjang tahun 20172018, telah terpilih 75 kota/kabupaten yang meraih apresiasi smart city yang akan disusul 25 kota/kabupaten lain pada 2019.

-

Gerakan Menuju 100 Smart City diinisiasi oleh Kementrian Komunikasi dan Informatik­a dan didukung oleh Departemen Dalam Negeri, Bappenas, Kementrian PUPR, Kantor Staf Kepresiden­an, Departemen Keuangan, serta Kementrian Koordinato­r Bidang Perekonomi­an Indonesia. Ada pula tim ahli dari akademisi dan praktisi yaitu UI, ITB, UGM, Perbanas, BPPT, INSW,KTII, dan Citiasia.

Beberapa pertimbang­an untuk memilih kota/kabupaten didasarkan pada berbagai faktor. Kesiapan daerah yang tercermin dari visi kepala daerah, kelengkapa­n infrastruk­tur, regulasi, dan SDM yang mengacu pada konsep pemerataan dan Nawa Cita.

Selain itu, Kondisi Keuangan Daerah, Peringkat dan Status Kinerja Penyelengg­araan Pemerintah Daerah (data Depdagri), serta

Indeks Kota Hijau (versi Kementrian PUPR) menjadi catatan penting bagi kota/kabupaten terkait.

Melalui Gerakan Menuju 100 Smart City, pemerintah daerah didorong untuk meningkatk­an pelayanan kepada masyarakat dengan memanfaatk­an teknologi. Meski demikian, Rudiantara mengingatk­an bahwa teknologi hanya alat. “Jadi yang dikedepank­an di program ini adalah strategi meningkatk­an pelayanan masyarakat, sementara teknologi hanya menjadi enabler dari usaha tersebut,” jelas Menkominfo.

Sementara itu, Dr. Wikan Danar Sunindyo, dosen ITB yang menjadi salah satu anggota tim pembimbing mengingatk­an, “Smart city di Indonesia perlu menunjukka­n dan memunculka­n kekhasan daerah yang menjadi daya tarik dan menawarkan kearifan lokal tiap daerah, dan tidak sekadar mengikuti tren yang ada.”

Kota/kabupaten terpilih diharapkan dapat konsisten menjalanka­n program smart city. Selain untuk meningkatk­an pelayanan masyarakat daerah masing-masing, kota/kabupaten yang telah mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City diharapkan dapat menjadi referensi bagi pemerintah daerah lainnya.

“Kreativita­s yang tepat dapat memberikan solusi yang sesuai dengan masalah yang dihadapi daerah-daerah saat ini, sekaligus sebagai antisipasi di masa depan,” pungkas Wikan.

 ??  ?? Menkominfo Rudiantara.
Menkominfo Rudiantara.
 ??  ??
 ??  ?? Perwakilan kota/kabupaten terpilih yang menjalanka­n program smart city.
Perwakilan kota/kabupaten terpilih yang menjalanka­n program smart city.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia