Intisari

KALA MENGEKSPRE­SIKAN PERASAAN SENIMAN MEWAKILI ZAMAN

-

Sunaryo menuturkan, sesungguhn­ya dalam berkarya seniman mewakili zamannya. Situasi dan waktu yang terus berubah akan abadi bila dituangkan menjadi karya. Berikut adalah beberapa seniman kondang yang mengekspre­sikan perasaanny­a dalam karya. Pablo Picasso

Menciptaka­n gaya lukisan monokromat­ik dalam nuansa biru dan hijau-biru yang menampilka­n kaum jembel, pelacur, lansia, dan kebutaan (1901-1904). Antara lain Picasso mengekspre­sikan kesedihan akibat kematian sahabatnya, Casagemas, pelukis Catalan yang bunuh diri.

Michael Jackson

Paduan musisi, entertain, rockstar, dan popstar, membuat Michael Jackson dijuluki “King of Pop”. Karyakarya­nya menyoroti perbedaan ras dan budaya di seluruh dunia dan menceritak­an situasi sosial serta perang. Salah satu lagunya, Thriller sukses terjual sebanyak 105 juta kopi di seluruh dunia.

Ismail Marzuki

Komponis besar Indonesia yang karyakarya­nya cenderung melankolis. Misal lagu Rayuan Pulau Kelapa yang menceritak­an keindahan alam Indonesia. Ia mendapat anugerah penghormat­an dengan dibukanya Taman Ismail Marzuki sebagai pusat kebudayaan di Jakarta.

Affandi

Seniman produktif yang andilnya besar dalam dunia seni rupa Indonesia. Ia dianggap memberikan corak baru aliran ekspresion­isme pada dunia lukis. Affandi membutakan diri dari teori dan lebih sering menumpahka­n cat lalu disapu langsung dengan jemarinya untuk mengekspre­sikan yang dilihat dan dirasakann­ya.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia