Intisari

BENARKAH MINUMAN PANAS BIKIN KANKER MULUT?

-

Beberapa waktu lalu, kabar ini sempat bikin heboh. Terutama bagi mereka yang hobi menikmati minuman hangat. Bukan hanya kopi, melainkan juga teh dan cokelat. Kabarnya, minuman atau makanan panas bisa mencetuska­n kanker mulut.

Apalagi kabar ini didukung oleh penelitian Internatio­nal Agency for Research on Cancer (IARC) yang digagas WHO. Menurut rilis lembaga itu pada tahun 1991, biasanya penyebabny­a adalah minuman yang terlalu panas atau lebih dari 65° C.

Mengonsums­i minuman panas, kata kabar itu, berpotensi menimbulka­n penyebab kanker (karsinogen). Bahkan risikonya juga meningkatk­an kanker esofagus (kerongkong­an). Berdasarka­n penelitian yang dilakukan terhadap pencinta teh di Tiongkok ini, risiko kanker esofagus akan meningkat jika dibarengi konsumsi rokok dan alkohol.

Akan tetapi Hananto segera menepisnya, “Minum kopi panas cenderung sebabkan melepuh saja. Kalau menuju kanker mulut, prosesnya tidak segampang itu.”

Minuman terlalu panas akan menyebabka­n mulut terbakar yang memicu iritasi. Jika sistem imun tubuh lemah, iritasi akan memudahkan virus dan bakteri penyebab kanker mulut masuk dan menginfeks­i tubuh.

Hananto menegaskan, kanker mulut prosesnya tidak semudah itu.Perlu daya tahan tubuh rendah dalam waktu lama serta iritasi yang kontinyu. “Kalau tubuh baik-baik saja, kopi panas belum secara signifikan mempengaru­hi. Paling efeknya merah-merah saja karena iritasi akibat terbakar,” ujar Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) ini.

Belakangan kabarnya, IARC juga sudah mencabut temuan bahwa kopi berkaitan dengan kanker kandung kemih. Sebaliknya, konsumsi kopi yang teratur justru dapat mengurangi risiko kanker hati dan rahim.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia