Intisari

6 APLIKASI KEBUGARAN POPULER

-

Menjaga kebugaran butuh perubahan gaya hidup dan perilaku seharihari. Aplikasi-aplikasi berikut yang dirangkum oleh PC Mag dari puluhan aplikasi kebugaran bisa menjadi pendorong menuju kebugaran tubuh kita.

Endomondo (Android, iOS, BlackBerry, Windows Phone, Web)

Versi gratis ada iklannya, dengan fitur yang terbatas namun sudah cukup mumpuni. Untuk versi Premium AS$5,99 per bulan atau AS$29,99 per tahun. Tentu akan lebih banyak angka yang kita panen, akses untuk rencana pelatihan, dan … bebas iklan. Aplikasi ini sudah terkoneksi ke media sosial dan komunitas global, sehingga diharapkan memicu motivasi kita. Berbagai tantangan dengan emblem-emblem yang menarik pun bisa dicoba. Ragam aktivitas yang dicakupnya meliputi olahraga populer seperti lari, sepeda, renang, hiking, atau jalan kaki.

Fitbit Coach (Android, iOS, Web, Windows)

Meski ada embel-embel Fitbit, bukan berarti aplikasi ini khusus pemakai gawai fitness tracker merek Fitbit. Siapa pun bisa memakai aplikasi kebugaran yang dilengkapi dengan video pendek ini. Ada banyak variasi gerakan untuk mendukung kekuatan tubuh kita. Selama melakukan olahraga, silakan pilih musik pengiringn­ya atau mainkan musikmu sendiri.

Versi gratis memiliki jenis olahraga yang terbatas. Jika mau yang lebih banyak, silakan versi premium dengan biaya langganan AS$7,99 per bulan atau AS$39,99 per tahun.

MapMyFitne­ss (Android, iOS)

Aplikasi pelacak olahraga untuk lari, jalan kaki, bersepeda, dan banyak lagi. Mulai dari memotong rumput sampai yoga. Statistik data seperti jarak dan lama olahraga tercatat begitu Anda mengoperas­ikan aplikasi ini. Pada versi premium (MVP), data yang terekam lebih lengkap lagi, seperti cadence

dan denyut jantung jika ada. Data itu bisa dikirim ke aplikasi lain semisal Garmin Connect.

Aplikasi ini dirancang untuk semua pengguna sehingga antarmukan­ya sangat ramah. Versi berbayar AS$5,99 per bulan atau AS$29,99 per tahun.

Runtastic PRO (Android, iOS, Web)

Aplikasi untuk beragam jenis olahraga yang bisa berperan ganda: sebagai pelatih yang memotivasi Anda mencapai sasaran Anda dan sebagai pelatih untuk kompetisi. Ada versi gratisnya, namun yang Pro ini hanya perlu membayar sekali (AS$4,99) dan kita memperoleh semua fitur seperti auto-pause, umpan balik suara, dan melacak balik jejak bersepeda atau jalan kaki kita.

Strava (Android, iOS, Web)

Buat yang suka aura kompetisi, aplikasi Strava yang populer untuk olahraga lari dan sepeda ( juga berenang) ini bisa dicoba. Baik melawan diri sendiri atau orang lain yang tergabung dalam komunitas Strava.

Yang khas adalah Segment, yakni sepenggal jarak yang kita tandai dan siapa yang lewat di situ akan tercatat posisinya. Jika sepenggal jarak itu berupa tanjakan, akan muncul KOM ( King of Mountain) atau QOM ( Queen of Mountain). Juga ada Leaderbord, papan klasemen peserta yang sudah terdaftar dengan rentang waktu yang ditentukan.

Versi gratis sudah mumpuni dan tanpa iklan. Jika mau yang berbayar ada Strava Summit dengan fitur yang lebih canggih, mulai AS$2 per bulan.

Nike Training Club & Nike Run Club (Android, iOS)

Aplikasi ini akan menyesuaik­an dengan informasi yang kita berikan saat pertama kali mendaftar. Aplikasi ini royal dengan durasi sesi latihan yang bisa sampai 30 menit sementara aplikasi lain berkisar 10 menit. Semua video yang ada gratis. Nike juga memiliki aplikasi khusus pelari, Nike Run Club (NRC). Ada tantangan dan Guided Runs jika kita mati gaya tapi pingin tetap berlari.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia