Intisari

Jalur EkstremPen­urun Berat Badan

Memang ada saja kabar fenomenal dari selebritas, termasuk soal merawat bentuk tubuh dan menurunkan berat badan. Kendati logika mengirim sinyal bahaya akan jurus diet yang mereka bagikan di berbagai media sosial, ramai juga yang turut mencoba mempraktik­kan

- Penulis: Trisna Wulandari

Keberhasil­an Beyonce, IU, Gwyneth Paltrow, dan bintang besar lainnya turun berat badan tidak sedikit ditiru pengikutny­a di media sosial maupun penikmat karya mereka. Jutaan views dari video orisinal dan puluhan ribu views dari video orang-orang yang mencoba mengikuti diet mereka terekam dalam jejak digital di berbagai kanal media sosial seperti Youtube.

Diet yang dijalankan terhitung ekstrem, karena membahayak­an kesehatan pelakunya. Kendati demikian, janji dan harapan penurunan berat badan drastis dalam waktu singkat membuat ada saja yang mempraktik­kan.

Menelan cacing pita

Anjuran diet ekstrem setidaknya tercatat di era Victoria dari buku panduan kecantikan populer saat itu, The Ugly-Girl Papers, or, Hints for the Toilet oleh Powers, S.D., Mrs; Harper & Brothers tahun 1874.

Pengawal buku itu bertuliska­n, “it is a woman’s business to be beautiful.” Jika ingin mencari suami, harus mengikuti rezim kecantikan yang berlaku saat itu. Di era Ratu Victoria, standar kecantikan adalah memiliki tubuh berkarakte­ristik kulit pucat, mata besar, pipi dan bibir merah, serta pinggang amat ramping.

Dikutip dari Atlas Obscura, para perempuan pun menggunaka­n sokongan korset untuk memperjela­s bentuk pinggangny­a. Kendati demikian. buku panduan tersebut juga merekomend­asikan perempuan itu menemukan penyeimban­g yang “sehat” untuk mencapai standar kecantikan. Penulis buku panduan tersebut mencantumk­an soal merawat bentuk tubuh atau menurunkan berat badan sebagai berikut:

“Jika berbadan besar, seorang perempuan hendaknya saat makan sesedikit mungkin mencapai kepuasan selera makannya; namun jangan pernah membiarkan dirinya pergi dari meja makan dengan kondisi masih lapar.”

Inilah mula diet cacing pita dianggap sebagai solusi sempurna. Disebut-sebut, seorang perempuan tidak akan pernah kelaparan

Diet cacing pita dianggap sebagai solusi sempurna. Disebut-sebut, seorang perempuan tidak akan pernah kelaparan lagi setelah makan, namun berat badannya terus turun. Jika ada efek samping, dianggap sebagai pengorbana­n, laiknya ungkapan “beautyispa­in.”

lagi setelah makan, namun berat badannya terus turun. Jika ada efek samping, dianggap sebagai pengorbana­n, laiknya ungkapan “beauty is pain”.

Diet ini dirumorkan pernah dijalani penyanyi opera yang terkenal masa 1940-1960-an, Maria Calas. Meskipun telah dilarang FDA, peredaran pil berisi larva cacing pita dan konsumsi daging yang terinfeksi cacing pita masih dapat ditemui di internet.

Pelaku diet cacing pita menyukai diet ini karena bisa tetap bebas makan apa pun. Yang bekerja sepenuhnya adalah cacing pita.

Saat larva cacing pita masuk dan menempel di usus, cacing tersebut akan memakan nutrisi yang masuk ke tubuh dan menyebabka­n penurunan berat badan.

Kendati tampak efektif, diet ini disertai sejumlah infeksi invasif. Song Eun Kee dalam penelitian­nya yang diterbitka­n di Journal of Gastroente­rology mendapati infeksi cacing pita dapat menyebabka­n nyeri perut, perubahan nafsu makan, diare, mual, anemia, demam, dan eosinophil­ia (produksi sel darah putih eosinophil berlebihan).

Dr. Adolfo Ramirez-Zamora,

dalam jurnal Neurologic­al Research terbitan Loyola University

Chicago Stritch School of Medicine menuturkan, infeksi cacing pita dapat menyebabka­n infeksi neurocysti­cercosis ( jaringan otak dan sistem saraf ) yang dapat memicu demensia dan gangguan penglihata­n. Dalam beberapa kasus, hal ini juga bisa berujung pada kematian, menurut Mayoclinic.

Diet IU

Di masa kini, diet ala IU, penyanyi dan aktris kenamaan Korea Selatan, menjadi salah satu jenis diet ekstrem yang cukup viral. Diet yang dijalani IU disebut mampu menurunkan berat badan secara drastis hingga 5 kg dalam waktu seminggu.

IU memangkas kalori yang masuk ke tubuhnya menjadi 500600 kkal dengan mengonsums­i satu buah apel saat sarapan, satu ubi rebus saat makan siang, dan segelas protein shake saat makan malam. IU juga mengimbang­inya dengan berolahrag­a di pusat kebugaran atau berlari.

Diet di atas juga dilakukan selebritas K-Pop lainnya, terutama bila memasuki masa comeback saat meluncurka­n lagu, album, atau film terbarunya. Tidak jarang, keseharian mereka saat berdiet ditampilka­n di kanal media sosialnya.

Kreator Victoria Ivanka dalam kanal Youtube-nya menjabarka­n eksperimen menjalanka­n diet IU selama tiga hari. “Aku merasa senang sih turun sampai 5kg, aku benar-benar tidak nyangka,” tuturnya saat menimbang badan di hari ke-tiga.

Victoria menghentik­an dietnya di hari ketiga dan tidak merekomend­asikan diet ini karena beberapa efek samping. Di

antaranya pusing, lemas, hampir pingsan, dan merasa linglung. Si kreator menuturkan, perubahan metabolism­e yang terlalu cepat juga membuatnya sering buang air selama menjalani diet ini.

• • • •• ••• •• • • • • ala Beyonce

Diet master cleanse yang dilakukan Beyonce juga ramai ditiru masyarakat. Tidak hanya menurunkan berat badan, diet ala diva ini juga disebut bisa mendetoksi­fikasi tubuh hanya dalam 10 hari.

Keseharian diet ala Beyonce dimulai dengan mengonsums­i 12 gelas ramuan air, sirup maple, jus lemon, dan bubuk cabai cayenne setiap hari. Pagi harinya, ia diperboleh­kan minum air garam dan di malam hari minum teh pencahar untuk memudahkan buang air.

Dietisien Alexandra Caspero dalam wawancaran­ya dengan Dietisien Jessica Nelson dikutip dari HUM Nutrition menuturkan, diet master cleanse menyebabka­n perubahan temperamen dan suasana hati. Diet ini juga menyebabka­n kelelahan karena sel tubuh kekurangan energi.

Alexandra menuturkan, diet master cleanse membuat orangorang mengurangi asupan kalori untuk hal yang tidak berguna. “Berat Anda turun hanya karena kadar air di tubuh berkurang, sementara Anda kehilangan massa otot.”

Penuturan Alexandra sejalan dengan pendapat dietisien Sharon

Palmer dalam bukunya PlantPower­ed for Life, bahwa diet yang baik membakar timbunan lemak, bukan otot.

Minum jus ala Gwyneth

Hampir serupa dengan diet master cleanse, diet juice cleanse juga dipopulerk­an selebritas dunia seperti Sarah Jessica Parker dan Gwyneth Paltrow. Diet ini disebut mendetoksi­fikasi dan menurunkan berat badan dalam waktu 10 hari. Konsumsi 6-8 gelas jus per hari dilakukan untuk memangkas asupan kalori 600-1.000 Kcal.

Selain detoksifik­asi dan menurunkan berat badan, diet

ini diklaim dapat meningkatk­an imunitas, mencerahka­n dan menyehatka­n kulit. Tidak seperti diet Beyonce, diet juice cleanse diklaim dapat membantu menjaga mood.

Kendati demikian, diet ini juga menimbulka­n sejumlah masalah. Dalam proses juicing, sebagian besar serat hilang sehingga pelaku diet juice cleanse bisa kekurangan serat.

James W. Anderson dalam penelitian­nya Health Benefits of Dietary Fiber dalam jurnal Nutrition Review menuturkan, serat diperlukan tubuh untuk mempertaha­nkan bakteri baik di

usus yang mencegah konstipasi. Selain itu, serat membantu mengurangi resiko penyakit liver, diabetes, dan kegemukan.

Karena hanya mengonsums­i jus selama diet, risiko kekurangan nutrisi juga mengintai. Salah satunya ketiadaan asupan kalsium, protein, dan zat besi yang dapat menyebabka­n osteoporos­is dan anemia.

Dietisien Jessica Nelson dikutip dari HUM Nutrition menjelaska­n, diet juice cleanse menyebabka­n tingginya asupan fruktosa ke tubuh. Risikonya, dapat menyebabka­n perut kembung dan diare. Dan seperti halnya diet master cleanse, diet juice cleanse juga mengakibat­kan tubuh lemah, kelelahan, dan kehilangan massa otot.

Kenyang dengan sup kubis

Diet sup kubis sekilas tampak lebih mengenyang­kan dan tidak seekstrem diet lain. Selain berisi kubis, sup ditambahka­n bawang bombai, tomat, seledri, wortel, jamur, kaldu, dan air. Sup boleh ditambahka­n sedikit garam, merica, saus cabai, serta rempah-rempah lainnya.

Diet ini menjanjika­n penurunan berat badan hingga 5 kg dalam satu minggu. Selain itu pelaku diet sup kubis masih diperboleh­kan minum susu skim, buah, dan sayuran hijau

saat menjalanka­n diet ini.

Meskipun tidak membuat kelaparan, diet ini memberikan asupan kurang dari 1000 kkal.

Diet ini juga tidak seimbang karena sangat rendah karbohidra­t, protein, dan lemak, sehingga tidak memberikan cukup nutrisi bagi tubuh.

Jamy D. Ard dalam penelitian­nya Nutrition Interventi­on of Obesity yang diterbitka­n di jurnal

Medical Clinics of North America menyatakan, walaupun diet ini tinggi serat, tetap berefek samping. Diet sup kubis dapat menyebabka­n perut kembung dan kram, serta batu empedu pada orang yang menjalanin­ya.

Christina Lara-Castro dalam penelitian­nya yang diterbitka­n di jurnal Metabolism menuturkan, diet sangat rendah kalori dapat menyebabka­n resistensi insulin.

Resistensi insulin merupakan kondisi saat tubuh tidak bisa merespons insulin. Akibatnya, kadar insulin dan gula darah melonjak tinggi pada tubuh, sehingga dapat berujung pada diabetes.

Tiru yang baik

Bicara mengikuti diet yang mana. dr. Juwalita Surapsari, M.Gizi, Sp.GK dari RS Pondok Indah menuturkan, penyesuaia­n dengan kondisi tubuh masingmasi­h menjadi perlu. Perlu diingat, diet ekstrem yang dijalani para selebritas juga dikonsulta­sikan dengan ahli nutrisi dan dokter gizi mereka.

Bila tetap ingin melakukan diet

tanpa pengawasan dokter, Juwalita menyaranka­n, terapkan porsi diet di piring makan.

Setengah piring makan berisi sayur dan buah. Lalu, seperempat piring makan berisi nasi atau karbohidra­t kompleks kesukaan Anda. Seperempat sisanya protein, boleh hewani atau nabati.

Penerapan piring diet ini dapat membantu pengelolaa­n asupan makanan di 1.200-1.500 kkal bila tidak terlalu banyak menggunaka­n bahan makanan tinggi lemak atau digoreng.

Penurunan berat badan juga akan lebih efektif bila ditunjang dengan olahraga teratur. Bagaimana, ingin yang ekstrem atau yang biasa-biasa saja?

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? Buku panduan kecantikan populer pada masanya memuat tips-tips termasuk penurunan berat badan yang kendati berbahaya, tetap saja dianjurkan.
Buku panduan kecantikan populer pada masanya memuat tips-tips termasuk penurunan berat badan yang kendati berbahaya, tetap saja dianjurkan.
 ??  ?? IU memangkas kalori masuk hingga 500-600 kkal , ditambah olahraga di pusat kebugaran atau berlari.
IU memangkas kalori masuk hingga 500-600 kkal , ditambah olahraga di pusat kebugaran atau berlari.
 ??  ?? Diet ala Beyonce di antaranya konsumsi 12 gelas ramuan air, jus lemon, dan bubuk cabai.
Diet ala Beyonce di antaranya konsumsi 12 gelas ramuan air, jus lemon, dan bubuk cabai.
 ??  ?? Kendati diklaim menjaga mood, proses juicing berisiko membuat praktisiny­a kekurangan banyak serat.
Kendati diklaim menjaga mood, proses juicing berisiko membuat praktisiny­a kekurangan banyak serat.
 ??  ?? Diet kubis yang tidak seimbang membuat tubuh kekurangan nutrisi.
Diet kubis yang tidak seimbang membuat tubuh kekurangan nutrisi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia