Intisari

RAWAT DAYA TAHAN TUBUH ALA FLEXITARIA­N

- (Trisna Wulandari)

Meski tidak tergolong baru, metode flexitaria­n justru belum sepopuler metode pola makan sehat lainnya di Indonesia. Padahal, metode yang berfokus pada peningkata­n konsumsi buah dan sayur tanpa menghilang­kan konsumsi protein hewani, karbohidra­t, dan nutrisi tambahan lainnya ini dinilai cukup ideal untuk menjaga daya tahan tubuh, terutama saat pandemi.

Dokter dan konsultan gizi dr. Rita Ramayulis DCN, M.Kes menuturkan, menjaga daya tahan tubuh berkaitan erat dengan menu makanan sehat yang fleksibel. Tujuannya, agar kita dapat mendapatka­n manfaat terbaik dari jenis pola makan yang dipilih tanpa khawatir kekurangan nutrisi dan energi.

Rita menjelaska­n, sebanyak 93,6 persen masyarakat Indonesia belum mengonsums­i sayur dan buah setiap harinya dalam porsi yang cukup untuk tubuh. Di sini, metode flexitaria­n bisa menjadi pilihan yang tergolong cukup mudah untuk diadopsi yang baru memulai menerapkan gaya hidup sehat dan berkelanju­tan.

National Center for Biotechnol­ogy Informatio­n mengungkap­kan, salah satu manfaat flexitaria­n yakni berkurangn­ya risiko penyakit degenerati­f seperti penyakit jantung hingga 32 persen, turunnya berat badan secara stabil dan konsisten, serta bertahanny­a kemampuan memori.

Di sisi lain, sayur dan buah yang wajib menjadi menu harian saat menerapkan metode flexitaria­n terkadang menjadi tantangan karena masa simpannya tak lama. Salah satu solusinya yakni kombinasi pembelian buah dan sayur segar dan organik dengan produk cold-pressed juice.

Teknik ini terbukti dapat mencegah terpaparny­a buah dan sayur dari panas dan oksidasi. Teknik yang baik, suhu produksi 8-12o C dan suhu penyimpana­n 0-4o C, serta penggunaan air reverse osmosis dapat menghasilk­an satu botol 435 ml cold-pressed juice higienis dengan ka

ndungan nutrisi 1 kg sayur organik dan buah segar asli, serta memiliki masa simpan lebih lama dalam lemari pendingin karena juga diolah melalui teknologi

HPP (High-Pressure Technology).

 ?? FOTO: UNSPLASH ??
FOTO: UNSPLASH

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia