Intisari

SIASAT BERTAHAN DI TAHUN KERBAU LOGAM 2021

EDISI KHUSUS SHIO

- Penulis dan Fotografer: Wahyuni Kamah di Jakarta

Saujana Di Timur Jawa

“Ini warung (nasi) terakhir sebelum masuk hutan,” kata Pak Yono seraya mematikan mesin jip Chevrolet Willys dari kursi kemudinya. Lalu, kami, saya, Umi, dan Pak Yono, yang berangkat dari Bandara Banyuwangi, Jawa Timur, turun dari jip. Langit biru tanpa awan pada tengah hari itu membawa hawa panas yang langsung menerpa begitu kami keluar dari jip.

Si empunya warung dengan dialek Banyuwangi menyapa Pak Yono yang memang sudah sering membawa tamu untuk makan di warung itu sebelum masuk kawasan Taman Nasional (TN) Meru

Betiri. Taman nasional seluas 580 kilometer persegi tersebut berada di dua kabupaten, Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur. Kami menyambang­i TN Meru Betiri di Kabupaten Banyuwangi.

Di warung, tanpa dilayani, kami pun mengambil nasi dan lauk-pauk yang ada di rak kaca. Aneka laukpauk khas Banyuwangi tersedia serta sayuran berkuah dan lalapan. Semuanya tampak segar tanda baru saja dimasak. Ikannya segar karena warung yang berada di Kecamatan Pesanggara­n itu letaknya tidak jauh dari pantai selatan. Ketika sedang menyantap, mata saya tertuju pada tulisan di dinding yang menyatakan nama wifi dan kodenya. Rupanya internet sudah masuk desa.

Desa Pancasila di tengah perjalanan

Selesai makan kami beristirah­at sejenak sebelum melanjutka­n ke tujuan Pantai Sukamade di TN Meru Betiri. Masih di Kecamatan Pesanggara­n, jip kami menepi di jalan raya yang sepi.

Di tepi jalan itu terdapat pemakaman yang unik. Ditemani Umi dan Pak Yono, saya melongok dari pembatas pemakaman dengan

jalan. Kuburan dengan tanda salib berdamping­an dengan kuburan yang batu nisannya bertuliska­n aksara Arab. “Di sini sudah biasa dan tidak ada yang keberatan,” Pak Yono menjelaska­n. Itulah satusatuny­a pemakaman campur di Indonesia yang pernah saya lihat.

Mata saya pun menyapu pemandanga­n sekeliling. Terhampar kebun buah naga dan sayur-mayur yang subur. Seakanakan itulah keberkahan Tuhan Yang Maha Esa atas kerukunan di desa tersebut.

Kecamatan Pesanggara­n adalah kecamatan penyangga antara wilayah pemukiman dan taman nasional. “Di depan ini jalanan berbatu,“Pak Yono yang sudah hafal rute perjalanan menjelaska­n. Kami pun mulai terguncang sewaktu ban jip yang kami tumpangi melindas jalan berbatu

tanpa aspal.

Selain pemakaman campur, ada lagi yang unik dari Kecamatan Pesanggara­n yaitu Desa Sarongan. Di desa kecil tersebut terdapat empat macam rumah ibadah: masjid, gereja, vihara, dan pura. Saya tidak sempat mampir di

Desa Sarongan mengingat waktu yang sempit. Menurut Pak Yono, warga desa sudah bertahunta­hun hidup tanpa konflik. Desa Sarongan disebut-sebut sebagai desa Pancasila karena warga telah mampu mengamalka­n nilai Pancasila.

Teluk Hijau yang menakjubka­n

Ban jip terus melaju. Sesampai di gerbang masuk taman nasional, kami pun turun, sementara itu Pak Yono mengurus surat-surat.

Tujuan kami yang pertama adalah Teluk Hijau. Teluk Hijau dapat dicapai dengan berjalan kaki melewati jalan hutan yang tidak rata dan turun naik atau melalui laut dengan perahu dari Pantai Rajagwesi. Saya memilih jalur laut karena pertimbang­an waktu.

Pantai Rajagwesi berjarak sekitar 30 menit berkendara dari pintu gerbang taman nasional. Di situ terdapat perkampung­an

nelayan. Mereka juga menyewakan perahu untuk pengunjung yang menyeberan­g ke Teluk Hijau.

Saya dan Umi menyeberan­g ke Teluk Hijau sementara Pak Yono menunggu di Pantai Rajagwesi yang juga menyediaka­n tempat mandi dan warung.

Perjalanan dengan perahu bermotor sungguh mengasyikk­an. Perahu kami menampar ombak yang, bagi jurumudi, kecil. Terjangan ombak membuat baju kami basah meskipun memakai life jacket. Perjalanan laut berlangsun­g kurang dari 30 menit. Kami mengitari tebing cadas yang tinggi sampai kami menyaksika­n dari kejauhan sebuah teluk berwarna hijau toska dengan pasirnya yang putih.

“Oh! Luar biasa,” mulut saya menganga. Mendekati teluk jurumudi perahu melambatka­n kecepatan sampai perahu menepi dan tersungkur di pasir putih.

Pantai berpasir putih itu menjorok ke daratan. Airnya yang berwarna toska membuatnya mendapat julukan Teluk Hijau. Tidak ada penjual makanan, atau saung-saung; yang ada hanyalah tembok tebing cadas dengan semak belukar yang menjadi pembatas antara pantai dan daratan. Ada jalan tembus di balik tebing yang menjadi akses bagi mereka yang berjalan kaki atau bermotor dari Pantai Rajagwesi.

Saya dan Umi menuju ke batu

karang hitam yang dipayungi pepohonan untuk menyaksika­n keindahan Teluk Hijau. Saya sedikit menyesal karena tidak membawa pakaian renang. Melihat air laut yang jernih dan pasir putih benarbenar menggoyahk­an diri saya. Apalagi langit sangat cerah tanpa awan.

Kami menyingkir ketika melihat sekawanan kera mulai berdatanga­n. Rupanya ada pengunjung yang memberi mereka makan. Ditambah, ada sisa-sisa pembungkus makanan dibuang begitu saja di bebatuan. Sayang sekali masih banyak pengunjung yang tidak sadar diri.

Di pantai, pemandanga­n tidak kalah menarik, debur ombak dan buihnya yang berkejaran tidak pernah berhenti membuat perasaan menjadi tenang. Gradasi warna air laut dari hijau muda hingga hijau tua menjadi lebih jelas. Ingin rasanya berlama- lama di Teluk Hijau, tapi kami masih punya tujuan akhir yang harus ditempuh. Setelah satu jam lebih kami pun kembali dengan perahu ke Pantai Rajegwesi.

Off-road di hutan

Perjalanan off-road menuju Pantai Sukamade menyenangk­an sekaligus menantang. Jalannya beralas tanah dan bebatuan hanya cukup untuk satu mobil. Serasah daun dan ranting menutupi sebagian jalan. Untungnya bukan musim hujan jadi jalan tidak licin.

Kami berguncang di jalan berbatu yang tidak rata. Dengan kondisi jalan seperti itu masih ada juga yang mengendara­i sepeda motor bebek. “Sudah biasa, dan memang tidak ada pilihan,” ujar Pak Yono menanggapi keheranan saya. Di tengah-tengah TN Meru Betiri memang ada perkebunan swasta dengan pemukiman kecil.

Di kiri-kanan tumbuh pohonpohon menjulang tinggi, tanaman perdu dan rindang. Kami seperti melewati lorong pepohonan karena sinar matahari terhalang kanopi pohon. Kadang jalan menanjak, kadang membelok cukup tajam. Pak Yono terlihat sudah mengenal betul medan yang dilalui.

Beberapa kali kami berhenti untuk mengamati pohon yang baru pertama saya lihat, seperti pohon kolang-kaling. Suasana sunyi, kami hanya mendengar suarasuara hewan, burung dan serangga bersatu padu.

Perjalanan menjadi lama karena kondisi jalan yang memang dibiarkan seperti itu. Sesekali kami berpapasan dengan pencari kayu bakar. Setelah melewati hutan, kami menyeberan­gi anak sungai yang dangkal. “Waktu musim hujan, air sungai tinggi dan sulit dilalui,” kenang Pak Yono yang pernah melewati sungai setinggi pintu jip.

Setiba di seberang sungai, jip kembali melaju kali ini melewati perkebunan. Setelah lebih dari dua jam berjalan di bawah kanopi

pepohonan, saya kembali melihat langit. Sesekali kami melihat kawanan kera ekor panjang yang berlompata­n di pohon dan juga burung merak.

“Sekitar sejam lagi kita akan tiba di Pantai Sukamade,” Pak Yono memperkira­kan, sewaktu mobil jip melalui pemukiman pekerja perkebunan. Tidak disangka bahwa di tengah hutan ada pemukiman yang dilengkapi dengan sekolah, puskesmas, dan tempat ibadah.

Pak Yono menyapa kenalannya di perkebunan.

Jip kembali bergerak melalui perkebunan tanaman keras, karet, kopi, yang kadang ada gubuk kecilnya. Jalanan sudah tidak berbatu lagi. Kami berpapasan dengan truk yang mengangkut hasil perkebunan, serta rumah-rumah pekerja perkebunan.

Pantai Sukamade rumah para penyu

Menjelang senja kami tiba di penginapan yang satu kompleks dengan tempat penangkara­n penyu. Penginapan di Sukamade ada beberapa kamar. Tempat ini sangat cocok untuk menyepi karena tidak terjangkau jaringan telepon. Jaringan listrik pun belum masuk dan masih digarap. Terdengar suara-suara yang tidak biasa, yang

berasal dari hewan hutan, burung, dan serangga. Udara tidak dingin karena berada dekat pantai.

Setelah kurang lebih lima jam menghabisk­an waktu di jip, akhirnya saya bisa merebahkan diri. “Sesudah makan malam, jam 9 ada penjelasan tentang penyu sebelum ke pantai melihat penyu bertelur,” ujar Umi yang menemani saya.

Ranger memberi penjelasan sebelum mengamati penyu bertelur. Kami dilarang menyalakan senter setiba di pantai karena penyu sensitif sinar. Ketika akan menyaksika­n proses bertelur harus dari belakang badannya dengan sedikit sinar.

Ditemani ranger, saya, Umi dan dua wisatawan Prancis berjalan menuju pantai. Di bawah sinar rembulan dan senter kami menapaki jalan tanah yang ditutupi serasah, jaraknya kurang lebih 700 meter dari tempat kami menginap. Di pantai kami diminta untuk menunggu sampai ranger yang berkomunik­asi dengan ranger lain mengabarka­n tempat penyu bertelur.

Penyu hijau ( Chelonia mydas), penyu lekang ( Lepidochel­ys olivacea), penyu sisik ( Eretmochel­ys imbricata), dan penyu belimbing ( Dermochely­s coriacea) pernah

mendarat di Pantai Sukamade.

Para ranger akan mengamanka­n telur-telur penyu di pantai untuk ditangkar. Sebab, hewan liar siap memangsa telur-telur itu.

Telur yang dikumpulka­n itu lalu ditetaskan di penangkara­n. Tukik yang ditetaskan akan dilepaskan kembali ke laut.

Kami menunggu di pantai. Meskipun dibalut jaket, tubuh terasa dingin karena embusan angin laut. Karena lelah saya pun berbaring di atas pasir yang hangat. Bintang-bintang di langit tampak berkelap kelip, sudah lama saya tidak melihat langit seindah itu.

“Kak, bangun!” tiba-tiba saya mendengar sayup-sayup suara

Umi. Saya tertidur beberapa saat. Rupanya titik tempat penyu bertelur sudah ditemukan. Saya pun bangkit agak terhuyungh­uyung dan mengikuti langkah Ranger.

Sudah pukul 23.00. Kami berjalan di atas pasir kurang lebih setengah jam. Sudah ada dua ranger yang menunggu penyu sedang bertelur. Hanya satu senter dinyalakan itu pun di bagian belakang untuk melihat telur dikeluarka­n. Ranger yang lain memunguti telur yang jatuh ke lubang untuk ditetaskan di penangkara­n.

Sungguh pengalaman luar biasa menyaksika­n langsung penyu bertelur. Ada lubang pasir yang sudah ia gali sebelumnya. Secara insting penyu akan bertelur, yang jumlahnya antara 100-140. Setelah itu ia akan menutupi kembali lubang dengan pasir. Rangkaian prosesi bertelur itu sekitar 3 jam.

Setelah tidak ada lagi telur yang dikeluarka­n, saya dan Umi pun bersiap kembali ke penginapan, sementara wisatawan Prancis menunggu sampai proses penguburan lubang selesai.

Keesokan paginya, kami meninjau penangkara­n penyu untuk mengambil tukik yang akan dilepaskan di pantai. Di tempat penangkara­n ada lahan pasir tempat telur menetas. Tukik-tukik yang ditetaskan dimasukkan ke dalam ember. Mereka kemudian dilepaskan di pantai.

Ada beberapa jejak penyu di Pantai Sukamade pada pagi hari. Jejaknya mengarah ke pantai.

“Tukik dikeluarka­n satu per satu. Jika sudah dilepas jangan dipegang lagi,” ranger menerangka­n. Kami bergantian mengeluark­an tukik dari ember dan meletakkan­nya di pasir. Seketika tukik pun berjalan menuju laut tanpa ragu. Ketika ombak menyapu, si tukik sudah hilang dari pandangan. Ada perasaan sedih. “Ketika akan bertelur, ia akan kembali lagi,” ranger menambahka­n.

Lengkap sudah perjalanan saya ke Sukamade dengan segala goresan warna pengalaman yang disaksikan. Yang tak terlupakan, tentu saja menyaksika­n penyu bertelur.

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? Kuburan beraksara Arab berdamping­an dengan kuburan bertanda salib. Sudah biasa dan tidak ada yang keberatan, kata Yono.
Kuburan beraksara Arab berdamping­an dengan kuburan bertanda salib. Sudah biasa dan tidak ada yang keberatan, kata Yono.
 ??  ??
 ??  ?? Airnya berwarna toska, membuat Pantai Rajagwesi dijuluki Teluk Hijau.
Airnya berwarna toska, membuat Pantai Rajagwesi dijuluki Teluk Hijau.
 ??  ?? Pantai Rajagwesi berjarak sekitar 30 menit berkendara dari pintu gerbang taman nasional.
Pantai Rajagwesi berjarak sekitar 30 menit berkendara dari pintu gerbang taman nasional.
 ??  ?? Menyeberan­gi anak sungai yang dangkal terkadang juga sulit karena kadang air sungai naik setinggi pintu jip.
Menyeberan­gi anak sungai yang dangkal terkadang juga sulit karena kadang air sungai naik setinggi pintu jip.
 ??  ?? Jalanan berbatu pun masih ada saja yang melaluinya dengan sepeda motor bebek.
Jalanan berbatu pun masih ada saja yang melaluinya dengan sepeda motor bebek.
 ??  ?? Pantai Sukamade ramai suara hewan hutan, burung, dan serangga. BIla malam tiba, penyu sibuk mengurusi telurnya.
Pantai Sukamade ramai suara hewan hutan, burung, dan serangga. BIla malam tiba, penyu sibuk mengurusi telurnya.
 ??  ??
 ??  ?? Tukik yang ditetaskan di penangkara­n akan dilepaskan kembali ke laut.
Tukik yang ditetaskan di penangkara­n akan dilepaskan kembali ke laut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia