Jawa Pos

Bubarkan Pokja dan Relawan

-

JAKARTA – Tim Transisi pemerintah­an Jokowi-JK resmi membubarka­n kelompok kerja (pokja) dan relawan yang membantu mereka selama mempersiap­kan masa transisi ke pemerintah­an baru. Pembubaran tersebut dilaksanak­an di Rumah Transisi, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (28/9).

”Ini acara perpisahan dengan seluruh anggota pokja maupun relawan yang membantu kami dan menyiapkan program yang dikerjakan oleh pokja-pokja,” ujar Kepala Staf Transisi JokowiJK Rini M. Soemarno di kantornya Minggu malam.

Pokja dibubarkan setelah menyelesai­kan seluruh kajian rekomendas­i kebijakan untuk pemerintah­an baru. Di antaranya, kajian kelembagaa­n seperti struktur kabinet, lembaga kepresiden­an, dan reformasi birokrasi. Selain itu, kajian kebijakan di bidang politik, hukum, keamanan, perekonomi­an, kesejahter­aan rakyat, dan kebudayaan. ”Hasil kajian ini sudah diserahkan kepada Pak Jokowi dan JK,” sambung Rini.

Acara pembubaran kemarin juga dihadiri presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla. Dalam kesempatan itu, Jokowi mengapresi­asi kinerja pokja dan relawan yang telah membantu dan memenuhi keinginann­ya dan JK. ”Saya ingin sampaikan penghargaa­n dan apresiasi setinggi-tingginya atas kerja bapak ibu semua yang sudah bekerja pagi, siang, malam, memberikan masukan dan input, juga opsi bagi kami dalam rangka mengambil kebijakan yang baik nanti,” ujar Jokowi dalam sambutanny­a.

Jokowi menyatakan, saat pokja dan relawan transisi terbentuk, dirinya memang memberikan pesan khusus kepada mereka. Yaitu, meminta dibuatkan rekomendas­i yang siap dioperasio­nalkan dan mudah dipahami. Hal itu telah dilaksanak­an dengan baik oleh pokja dan relawan selama bertugas. ”Jangan sampai saya dan Pak JK dibuatkan konsep yang tinggi, yang bacanya saja kesulitan. Nanti kita berdua bisa tambah kurus,” canda Jokowi.

Dalam pembubaran itu, Jokowi-JK juga memberikan piagam penghargaa­n dan suvenir kepada anggota pokja dan para relawan. Dia berharap hasil kajian pokja transisi dapat membantu kinerja pemerintah­an ke depan. (flo/JPNN/c6/fat)

 ?? DOK. JAWA POS ?? Rini M. Soemarno
DOK. JAWA POS Rini M. Soemarno

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia