Jawa Pos

Rekrut Generasi Muda Paham Budaya

-

MASIH banyak target yang ingin dicapai Elly dalam bisnis tersebut. Salah satunya memperluas jangkauan pemasaran. Selain bertujuan meraup omzet sebesar- besarnya, Elly memiliki misi untuk menyebarka­n ’’ rasa cinta’’ pada budaya Indonesia.

Dia ingin budaya Indonesia tidak dipandang jadul (zaman dulu). ’’Saya ingin menciptaka­n rasa bangga kepada generasi muda untuk menggunaka­n produk negeri sendiri. Juga melestarik­an budaya asli Indonesia, tentunya,’’ tegas ibu empat anak tersebut.

Dalam berbisnis, Elly merasa beruntung karena mendapat dukungan 100 persen dari suami dan anak-anaknya. Keluarga, ungkap dia, tidak pernah protes. Mereka malah sering memberikan masukan atau ide dan membantu dalam pemasaran. Saat buntu ide untuk mengembang­kan produk, Elly sering minta pendapat suami dan anak-anaknya.

’’Ide anak muda lebih fresh sehingga bagus untuk memberikan sentuhan modern dalam budaya Indonesia,’’ jelasnya. Dukungan dari keluarga itulah yang membantu Elly melewati masa stres dan bosan dalam berbisnis.

Selama tiga tahun menekuni bisnis itu, dia menerima pelajaran berharga. Menurut dia, produk yang unik tidak bakal laku jika tidak diimbangi dengan pelayanan konsumen yang memuaskan. Hal itulah yang dipegang kuat oleh Elly dalam berbisnis. Untuk mencapai target tersebut, dirinya sangat ketat dalam proses seleksi karyawan.

Dia memilih generasi muda yang benar-benar paham tentang budaya Indonesia. ’’Seluruh produk saya berlatar budaya Indonesia. Jadi, karyawan wajib tahu sejarah budaya Indonesia sehingga lebih mudah menjelaska­n kepada konsumen,’’ ujarnya. Jika pelayanan menarik, konsumen akan merasa nyaman dan bakal datang kembali untuk membeli produk. (bri/c14/jan)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia