Jawa Pos

Bikin Taman Interaktif Terpanjang di DKI

-

JAKUT – Upaya pemerintah untuk menambah jumlah ruang terbuka hijau (RTH) di Jakarta Utara terus berlanjut. Setelah meresmikan Taman Kota Waduk Pluit di Kelurahan Penjaringa­n, Pemkot Jakarta Utara bersama PT Jakarta Propertind­o (PT Jakpro) membangun taman interaktif terpanjang di Kelurahan Pluit. Dibangun di atas lahan sepanjang dua kilometer, taman itu akan menjadi taman interaktif terpanjang di DKI.

Wali Kota Jakarta Utara Heru Budi Hartono menjelaska­n, taman interaktif tersebut akan dibagi menjadi zona interaktif dan zona lansia. Pemerintah bakal mengembali­kan fungsi awal lahan tersebut sebagai RTH. Sebelumnya, 112 bangunan liar (bangli) yang menempati lahan itu sejak 14 tahun lalu dibongkar. ’’Akan kami bangun fasilitas khusus lansia di taman tersebut. Kami sesuaikan dengan umur dan kebutuhan mereka,’’ ungkap Heru kemarin (28/9).

Menurut dia, selama ini belum ada taman khusus yang menyediaka­n fasilitas bagi lansia. Dulu ada taman khusus lansia di Jakarta Timur, tetapi sekarang sudah rusak. Karena itu, pihaknya membangun taman khusus lansia di wilayahnya. ’’Kami buat agar para lansia tidak sungkan datang ke taman,’’ ujarnya.

Ketersedia­an lahan yang cukup luas, sambung Heru, juga dimanfaatk­an untuk membangun area bermain anak. Nanti taman yang berdekatan dengan Waduk Pluit itu memiliki area khusus anak-anak. Selain itu, pemerintah akan menyediaka­n beberapa fasilitas. Salah satunya, wifi gratis bagi semua pengunjung. ’’Jadi, nanti anak-anak muda bisa internetan gratis, tidak sebatas ngobrol-ngobrol,’’ tutur dia.

Heru menambahka­n, Suku Dinas (Sudin) Pekerjaan Umum (PU) Tata Air Jakarta Utara juga merapikan saluran air di sepanjang taman. Dia berjanji taman itu bulan depan diresmikan sebelum Gubernur DKI Joko Widodo ( Jokowi) dilantik menjadi presiden. ’’Belum selesai juga tidak apa-apa. Nanti Pak Jokowi yang resmikan,’’ tegasnya. (syn/mby/c14/any)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia