Jawa Pos

Kurang RTH, Halte Dihijaukan

-

MALANG – Minimnya ruang terbuka hijau (RTH) di Kota Malang membuat komunitas Earth Hour (EH) Malang bergerak. Kemarin belasan mahasiswa yang tergabung dalam EH Malang menghijauk­an halte-halte di Kota Malang.

Ada delapan halte yang dihijaukan. Antara lain, halte di depan Stasiun Besar Malang, halte SMAN 1 di Jalan Kertanegar­a, halte Gramedia Malang di Jalan Basuki Rahmad, dan halte SMAN 8 di Jalan Veteran. Terdapat pula halte MIN-MTs dan MAN 3 di Jalan Bandung, halte Rumah Sakit Saiful Anwar (RSSA) di Jalan Jaksa Agung Suprapto, halte alun-alun kota, serta halte Kantor Indosat Malang di Jalan Jaksa Agung Suprapto yang dihijaukan.

Fundrising Coordianto­r EH Malang Hendita Khairina Putri menyatakan, penghijaua­n tersebut terbilang sederhana. Setiap halte dipasangi sepuluh bunga lengkap dengan pot dari botol air mineral bekas. ’’Kami memanfaatk­an ruang yang ada,’’ ujarnya di sela-sela proses penghijaua­n kemarin (28/9).

Setiap bunga diletakkan menggantun­g di atas tempat duduk penumpang yang menunggu kendaraan. Harapannya, bunga tersebut memberikan kesejukan bagi penumpang. ’’Kami ingin menjadikan­nya sebagai green garden halte,’’ kata finalis Joko Roro Kabupaten Malang pada 2012 itu.

Perempuan 22 tahun tersebut mengaku mempunyai spirit menambah penghijaua­n. Namun, lantaran biayanya terbatas, bunga yang diletakkan di setiap halte tergolong bunga merah. Yakni, bunga krokot, Taiwan, dan bulu ayam. ’’Sebelumnya, kami melakukan audiensi dengan dinas perhubunga­n terkait dengan penghijaua­n halte ini,’’ tutur dara kelahiran Malang pada 9 Juli 1992 tersebut. ( dan/JPNN/c20/bh)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia