Jawa Pos

Jember Lautan Onthel

-

JEMBER – Sedikitnya 1.900 penggemar sepeda kuno berkumpul di double way Unej kemarin (28/9). Para onthelis mengikuti kirab onthel Nusantara yang diadakan Unej dalam rangka green and clean campus.

Para pengayuh sepeda kuno datang dari berbagai kota di Indonesia. Misalnya, Mataram, Solo, Bali, hingga Majalengka. Mereka beramai-ramai mengayuh sepeda kuno tersebut sejak pukul 07.15 dengan rute sepanjang 20 kilometer.

Rute perjalanan para penggemar sepeda antik itu dimulai dari Jalan Kalimantan, Jalan Jawa, Karimata, Letjen S. Parman, Kapten Pierre Tendean, Letjen Sutoyo, Letjen Suprapto, Jalan Gajah Mada, sampai kembali lagi ke kampus Unej.

Ngonthel bersama selama dua jam tersebut mendapat perhatian khusus warga Jember. Tidak ayal, para pengayuh sepeda yang mengenakan pakaian unik itu menghibur warga yang dilewati. ’’ Jadi pusat perhatian warga,’’ kata Prof Maryono, penanggung jawab kegiatan tersebut.

Kirab onthel juga diikuti Muh Hasan, rektor Unej, serta perwakilan pejabat Jember. Ada pula Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti). ’’Seperti Pak Titot, ketua KLH dan Pak Sigit juga ikut,’’ ujar ketua Kosti Jember tersebut.

Menurut dia, kegiatan yang diikuti sekitar 2 ribu penggemar sepeda itu ingin mengajak kembali masyarakat untuk menggunaka­n transporta­si ramah lingkungan seperti sepeda. Sebab, saat ini budaya bersepeda mulai hilang.

Selain itu, memanfaatk­an sepeda sebagai sarana transporta­si dapat menghemat energi. Sebab, tidak hanya menyehatka­n, sepeda onthel juga memberikan manfaaat hemat. ’’Ini kan tanpa menggunaka­n oli atau apa pun. Hanya berbekal tenaga,’’ jelasnya. (gus/wah/JPNN/c14/bh)

 ??  ??
 ?? HERU PUTRANTO/JAWA POS RADAR JEMBER ?? GREEN AND CLEAN: Ribuan penggemar sepeda onthel di Jember.
HERU PUTRANTO/JAWA POS RADAR JEMBER GREEN AND CLEAN: Ribuan penggemar sepeda onthel di Jember.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia