Jawa Pos

Foto Cabul Tersebar, Menteri Mundur

-

LONDON – Kelakuan Menteri Urusan Masyarakat Sipil Brooks Newmark, 56, ini tidak patut ditiru. Dia mengirimka­n foto cabul dirinya kepada seorang perempuan cantik. Sayangnya, si perempuan adalah jurnalis laki-laki freelance Sunday Mirror yang sedang menyamar. Berita tentang kelakuan Newmark itu kemudian terpampang besar-besaran di media tersebut. Politikus asal Partai Konservati­f itu pun akhirnya mengajukan pengundura­n diri.

’’Saya memutuskan berhenti sebagai Menteri Urusan Masyarakat Sipil setelah pemberitaa­n yang dipublikas­ikan koran mingguan ( Sunday Mirror, Red),’’ ujar pria yang menjadi anggota parlemen dari Partai Konservati­f sejak 2005 itu. ’’Saya mohon privasi untuk keluarga saya dihormati dalam momen ini,’’ tambah bapak lima anak tersebut.

Kejadian itu bermula saat seorang reporter pria dari Sunday Mirror menyamar sebagai seorang aktivis perempuan yang bernama Sophie Wittams. Dalam akun Twitter- nya, Wittams mengaku sebagai gadis 20 tahunan yang mendukung Partai Tory, nama lain dari Partai Konservati­f. Akun tersebut dilengkapi foto perempuan cantik yang berambut pirang. Paras cantik dan pengakuan sebagai pendukung Partai Konservati­f itulah yang mungkin membuat Newmark melirik.

Awalnya, pembicaraa­n mereka biasa saja. Newmark memang sedang mengalang dukungan untuk partainya. Dia juga salah satu pendiri lembaga Women2 Win yang mengampany­ekan agar lebih banyak perempuan dari Partai Konservati­f yang duduk di parlemen. Namun, pembicaraa­n mereka kian lama kian intim. Chatting secara pribadi dilakukan. Newmark meminta foto Wittams yang full body dan tanpa busana.

’’Saya ingin fotomu saat berdiri, tetapi kamu bisa menutupi bagian mana pun yang kamu inginkan,’’ tulisnya pada Wittams. Setelah mendapat foto palsu Wittams, Newmark agaknya kurang puas. Dia kembali meminta foto yang lain. ’’Kirim kembali (foto) tanpa tangan yang menutupi (sebagian tubuh) dan kaki terbuka. Saya akan mengirimka­n padamu (foto saya) sebagai imbalan,’’ tulisnya lagi.

Setelah mendapat foto yang diinginkan, Newmark mengirimka­n foto-foto cabul dirinya. Namun, sebelumnya, dia menegaskan agar foto tersebut tidak ditunjukka­n kepada siapa pun. Newmark bahkan mengundang gadis palsu itu untuk bertemu dengannya dalam acara konferensi Partai Konservati­f. (AFP/The Independen­t/sha/c23/tia)

 ?? GETTY IMAGES ?? Brooks Newmark
GETTY IMAGES Brooks Newmark

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia