Jawa Pos

Kwiatkowsk­i Rebut Juara Dunia

-

PONFERRADA – Ajang kejuaraan dunia road kembali memberikan kejutan. Setelah tahun lalu pembalap Portugal Rui Costa ’’mencuri’’ kemenangan di tengah duel duo Spanyol Joaquim Rodriguez dan Alejandro Valverde, kali ini giliran Michal Kwiatkowsk­i (Polandia) yang melakukan itu. Pembalap 24 tahun itu menjadi juara setelah merespons rombongan

Dia berada dalam grup pengejar saat balapan menyisakan 12 km. Aksi Kwiatkowsk­i itu justru tidak direspons pembalap lain hingga dia sendirian di depan dengan leading 18 detik.

Baru beberapa saat kemudian kelompok kecil pembalap mengejar Kwiatkowsk­i. Mereka adalah Philippe Gilbert (Belgia), Simon Gerrans (Australia), Alejandro Valverde (Spanyol), Matti Breschel (Denmark), Tony Gallopin (Prancis), dan Rui Costa (Portugal).

Tapi, respons mereka telat. Kwiatkowsk­i terlalu dekat dengan garis finis. Rombongan Gerrans gagal menyusul Kwiatkowsk­i yang sudah melintasi garis finis. Pembalap yang bergabung Omega Pharma-QuickStep (OPQS) itu pun mengklaim gelar juara dunia road pertama dalam karirnya.

Kemenangan Kwiatkowsk­i tidak terlepas dari dukungan solid rekan setimnya. Para pembalap Polandia langsung bekerja di lap pertama. Mereka mengingink­an Kwiatkowsk­i sebagai leader tim mendapat

bagus untuk break. Sebab, jalanan di rute Ponferrada sempit.

’’Saya merasa luar biasa di lap terakhir. Terima kasih tak terhingga untuk temanteman setim. Mereka telah melakukan se- suatu yang luar biasa. Terutama di lap pertama. Ini benar-benar amazing!’’ kata Kwiatkowsk­i sebagaiman­a dikutip The News PL.

Gelar tersebut melengkapi pencapaian Kwiatkowsk­i di ajang kejuaraan dunia. Tahun lalu dia meraih emas di kejuaraan dunia. Tepatnya di nomor team time trial.

Hasil tersebut kembali menempatka­n Valverde di urutan ketiga. Itu kali keempat pembalap Movistar tersebut hampir juara. Tahun lalu dia juga berada di posisi ketiga setelah berduel head-tohead dengan Rodriguez meski akhirnya gelar direbut Rui Costa. (aga/c4/ady)

 ?? AFP PHOTO/JAVIER SORIANO ?? BALIK PREDIKSI: Michal Kwiatkowsk­i melakukan selebrasi begitu melintasi garis finis Kejuaraan Dunia Road Race 2014 di Ponferrada, Spanyol.
AFP PHOTO/JAVIER SORIANO BALIK PREDIKSI: Michal Kwiatkowsk­i melakukan selebrasi begitu melintasi garis finis Kejuaraan Dunia Road Race 2014 di Ponferrada, Spanyol.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia